Home Artikel Ketua Demokrat, DR. Marthen Rante Tondok Mantap Calonkan Diri Jadi Nahkoda Toraja Utara 2024-2029

Ketua Demokrat, DR. Marthen Rante Tondok Mantap Calonkan Diri Jadi Nahkoda Toraja Utara 2024-2029

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Mengenal lebih dekat Ketua Partai Demokrat, DR. Marten Rante Tondok, S.H, M.H salah satu tokoh politik asli Toraja.

Belakangan ini, Ketua partai Demokrat Toraja itu diisukan mantap mencalonkan diri untuk menjadi nakhoda Toraja Utara melalui Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024/2029.

Bukan pengalaman perdananya, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran tersebut juga pernah diusung menjadi Bupati Tana Toraja oleh Fraksi TNI Polri dan Fraksi FKKI pada tahun 1999/2000 silam.

Berlatar belakang ilmu hukum, yakni S1- S2 Hukum Universitas Hasanuddin dan S3 Hukum Universitas Muslim Indonesia mengantarnya menduduki sejumlah jabatan strategis di sejumlah daerah, antara lain:

1. Kepala Bagian Hak-hak Tanah Kantor BPN Kota Makassar tahun 1993,

2. Kepala Bagian Hak-Hak Tanah Kantor BPN Kota Pare-Pare tahun 1998,

3. Kepala Bagian Sengketa Tanah Kantor BPN Kota Maros tahun 2006,

4. Kepala Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Sulawesi Tengah tahun 2009,

5. Kepala BPN Kabupaten Bone tahun 2013,

6. Kepala Bidang Penanganan dan Konflik Pertanahan Kanwil BPN Sulawesi Selatan tahun 2016,

7. PLT Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017,

8. PLT Kepala Bidang Penerapan Hak dan Pemberdayaan Masyarakat Kakanwil  BPN Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018,

9. PLT Kepala BPN Kota Makassar tahun 2018, dan

10. Kepala BPN Kabupaten Luwu Timur tahun 2019.

Sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran Marten Rante Tondok berhasil meraup suara sebanyak 83% di Kabupaten Toraja Utara yang juga merupakan persentase suara tertinggi se-Indonesia untuk pasangan Prabowo-Gibran.

Selain berhasil memenangkan pasangan Presiden Prabowo-Gibaran di Toraja Utara, Marthen Rante Tondok juga berhasil menaikkan jumlah kursi Demokrat pada pemilihan Legislatif bulan Februari yang lalu.

Berkat kerja kerasnya sebagai nahkoda Demokrat di Toraja Utara, Demokrat berhasil menambah perolehan suara menjadi 5 kursi dimana sebelumnya Demokrat hanya memiliki 4 kursi di DPRD Toraja Utara.

Tak hanya itu, suami dari Alfrida Pasande' Danduru, S.H, Mkn (alm) dan ayah dr Hillary Rante Tondok, Putra Rante Tondok, dan Arung Danduru Rante Tondok tersebut perna dianugrahi penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia tahun 2010 lalu.


Penulis    : Natha
Editor      : Redaksi