Home Artikel Goresan Tinta dr Zadrak Tombeg: Bagimu Tana Toraja Segenap Jiwa Ragaku

Goresan Tinta dr Zadrak Tombeg: Bagimu Tana Toraja Segenap Jiwa Ragaku

Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg yang juga ketua DPC Gerindra Tana Toraja mengungkapkan rasa kagumnya kepada tanah kelahirannya yang dijuluki "Bumi Lakipadada", Tana Toraja lewat sebuah tulisan.

Lewat tulisan ini, dr Zadrak yang bakal calon Bupati Tana Toraja berjanji dan siap mengabdikan dirinya untuk Tana Toraja. 

Berikut goresan tinta yang dibuat langsung dr Zadrak Tombeg:

Ku bermenung di suatu saat dalam keheningan senja, kulayangkan mata ke angkasa, langit berdandan gaun orange pancaran mentari hendak terbenam ke peraduan. 
 
Kualihkan wajah kupandang sekelilingku; seketika kusaksikan alam tanah warisan leluhurku. Gunung batu kokoh dan lembah hijau menyatu. Air gemercik mengaliri persawahan membagi kesuburan.

Sungguh lukisan Sang Maestro nan tiada tara, indah dan menakjubkan. Tak salah orang berkata "Inilah Kepingan Surga di Buana", suasana membawaku bertanya ke bathinku, Apa kata jiwaku tentang tanah warisan leluhur tempat bunda mengandung dan melahirkanku. 

Dalam bahasanya kakekku sering berujar "Yamo te tu padang lamunan lolota Tondok Lepongan Bulan Tana Matarik Allo Toraya Mala’bi".

Ku termangu di depan panorama alam dan warisan budaya negeriku Toraya, di kedalaman sukmaku ku berikhtiar merawat dan menjaganya sejak hari ini dan selama hayat di kandung badan. 

Ku berjanji mengabdikan jiwa ragaku agar tanah warisan leluhur pemberian Yang Mahakuasa kepada kami tetap indah seperti sedia kala, maju seperti negeri lain yang maju namun tetap “TORAJA” Mala’bi’ dalam adat dan budaya terlebih keyakinan kepada Tuhan. 

Bukan lagi masanya aku bertanya, "Apa yang daerahku berikan kapadaku melainkan apa yang bisa aku berikan kepada daerahku".

dr. Zadrak Tombeg, Sp.A.

(*)