Home Daerah PT Malea Akan Bagikan 6000 Bibit Pohon Produktif Secara Gratis

PT Malea Akan Bagikan 6000 Bibit Pohon Produktif Secara Gratis

PT Malea Hydropower Akan Bagikan Bibit Pohon Produktif Secara Gratis

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Memasuki musim penghujan, PT Malea Energy bakal salurkan 6.000 bibit tanaman produktif kepada masyarakat setempat sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk memperkuat perlindungan dan pelestarian lingkungan.

Ini bukan pertama kalinya PT Malea menjalankan inisiatif tersebut, ditahun-tahun sebelumnya, Perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik dibawah pimpinan Victor Datuan Batara telah menyalurkan berbagai jenis bibit pohon guna menghijaukan alam baik wilayah sekitar perusahann maupun sepanjang pinggir sungai Sa'dan.

"Kami sudah siapkan bibit pohon produktif seperti Bibit Musang King, bibit Durian Otong, Bibit Alpokad, bibit Manggis masing-masing jumlahnya 1.500 jadi totalnya keseluruhan ada 6.000 bibit dan kita akan bagikan secara gratis kepada masyarakat yang mau menanam," ujar Pimpinan PT Malea, Victor Datuan Batara kepada awak media saat ditemui di Rumah Makan Depot 99, Rantelemo, Jumat (1/12/2023).

Menurut VDB sapaan akrab Victor Datuan Batara, tujuan PT Malea mengadakan bibit tersebut selain untuk penghijauan juga sebagai modal awal bagi masyarakat dimana nantinya jika bibit tersebut ditanam dan dipelihara buahnya bisa dipasarkan.

"Ini sudah menjadi tanggung jawab Perusahan, apalagi sekarang sudah masuk musim hujan jadi kita sudah bisa menanam bibit pohon tersebut. Selain untuk membantu penghijauan kita juga berharap masyarakat yang nantinya mendapatkan bibit ini betul-betul memelihara sehingga buahnya bisa dinikmati," jelas VDB.

Ditambahkan VDB bahwa bibit bisa diambil melalui perorangan bisa juga melalui kelompok tadi dan akan dibagikan secara gratis cukup dengan membawa Kartu Keluarga.

"Kalau perorangan kita hanya kasih 10 pohon/KK dan kalau melalui kelompok tani yah tergantung jumlah anggota kelompok taninya, hanya membawa Kartu Keluarga (KK) dan langsung bertemu dengan saya di PT Malea, siapapun itu tidak terkecuali," beber VDB.

"Siapa saja yang mau mengambilnya yah silahkan datang, dengan catatan siap untuk menanam dan memelihara, jangan asal ditanam tapi tidak dipelihara," lanjut VDB.

VDB Berharap dengan adanya penyaluran bibit pohon ini dapat membantu menjaga kondisi alam sekitar perusahaan tetap hijau sehingga debit air bisa terus bertambah.

"Pokoknya tanaman ini banyak manfaatnya," pungkas VDB.


Penulis     : Martinus Rettang
Editor        : Redaksi