Home Peristiwa Hampir 500 KK Terdampak Banjir di Makale Tator, Pemda Siapkan Posko Tanggap Bencana

Hampir 500 KK Terdampak Banjir di Makale Tator, Pemda Siapkan Posko Tanggap Bencana

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pasca banjir yang melanda kota Makale, Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja (Tator) bekerjasama dengan Polres Tator dan instansi terkait langsung bergerak menyiapkan Posko tanggap bencana di Gedung Tammuan Mali', Kecamatan Makale. 

Ratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak dari bencana alam ini. Pemkab Tator menyiapkan makanan siap saji untuk di distribusikan langsung kepada korban banjir. 

"Posko tanggap bencana ini kita dirikan untuk menopang konsumsi korban bencana alam banjir tadi malam. Jadi kita langsung bergerak", kata dr Rudhy Andilolo, Sekretaris Daerah (Sekda) Tator saat di temuai di posko tanggap bencana, Senin (26/2/2024).

"Bantuan juga sudah mengalir masuk, termasuk bantuan dari mantan Gubernur (Sulsel) bapak Andi Sudirman Sulaiman, sudah masuk 1 Ton beras, indo mie 100 dos dan air mineral. Dan bantuan dari masyarakat sendiri kita fokuskan kelolah dan distribusi dari sini", sambungnya. 

dr Rudhy mengatakan, di posko tanggap bencana ini juga terdapat pos pemeriksaan kesehatan.

"Kesehatan kita ada dua posko disini, ada dari Polres Tana Toraja dan dari Dinas Kesehatan. Ada juga tim-tim yang tersebar turun langsung ke lokasi mendeteksi mungkin ada yang sakit untuk langsung di evakuasi", terang dr Rudhy. 

Sekda Tator mengungkap, ratusan rumah warga yang terdampak akibat banjir yang melanda Kota Makale. 

"Ada 492 KK yang sudah dilaporkan ke Kementerian yang terdampak, termasuk sekolah dan tempat Ibadah", ungkapnya. 

Selain itu, dr Rudhy juga mengatakan pihaknya sendiri sejak subuh tadi telah menurunkan mobil damkar untuk melakukan pembersihan di sejumlah titik. 

"Kita fokuskan pada pelayanan publik khususnya sekolah. Kita fokus di SMA dan SMP Katolik dan itu sudah bersih, kemudian Gereja Katolik juga kita sudah bersikan, kemudian di area (bekas) lapangan dan juga lorong putih di medan ringkas", terangnya. 

Diketahui, kelurahan yang terdampak banjir yaknip, Kelurahan Ariang, Kelurahan Tondon Mamullu, Kelurahan Bombongan dan Kelurahan Pantan. 

Penulis     : Iga
Editor       : Redaksi