Home Peristiwa Dukung Pengembangan Pariwisata Toraja, Eva Stevany Rataba Gelar Bimtek Pengembangan Pariwisata Melalui Media Sosial

Dukung Pengembangan Pariwisata Toraja, Eva Stevany Rataba Gelar Bimtek Pengembangan Pariwisata Melalui Media Sosial

Bimtek yang digelar Kemenparekraf Kerjasama Anggota DPR-RI, Eva Stevany Rataba

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Anggota DPR-RI Komisi X dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba membuka secara langsung Bimbingan Teknis (bimtek) strategi komunikasi pengembangan pengembangan pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) melalui media sosial di Ruang Pango-pango Toraja Misiliana Hotel, Sabtu (08/07/2024).

Bimtek yang digelar oleh Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) Badan Pariwisata dan ekonomi kreatif (Baparekraf) gandeng Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), melalui direktorat pemasaran pariwisata nusantara deputi bidang pemasaran tersebut diawali dengan penampilan kesenian oleh sanggar tari siangkaran.

Eva Stevany Rataba atau yang kerab disapa ESR pada kesempatannya mengatakan bahwa bimtek ini sangat diperlukan bagi para pelaku parekraf terutama tentang bagaimana kita berkomunikasi di dalam memasarkan parekraf di Torut.

Lebih lanjut dijelaskan ESR yang merupakan salah satu putri terbaik asal Toraja yang duduk di Senayan sejak 2019 dan kembali terpilih dalam Pileg 2024 bahwa pada tahun 80-90an Toraja merupakan pariwisata kedua setelah Bali, namun beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan.

"Untuk itu kita semua memiliki peranan penting dalam pengembangan dan promosi ditengah era digital sekarang ini seperti mengetahui kiat-kiat dalam mempromosikan," kata Eva Stevany Rataba.

Dirinya pun berharap ilmu yang didapatkan peserta setelah kembali dapat diterapkan terutama bagi pelaku-pelaku wisata dalam promosikan produk wisata yang ada.  

"Kita berharap dengan mengikuti bimtek ini sebaik mungkin dan fokus maka pelaku parekraf dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia khususnya di Kabupaten Toraja Utara dalam memasarkan destinasi pariwisata dan produk ekonomi kreatif melalui media sosial sehingga ada peningkatan kesejahteraan dari pelaku usaha kepariwisataan," kata Eva.

Sementara, Salam Tambaru pada kesempatannya mewakili dinas kebudayaan dan pariwisata Torut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Eva Stevany Rataba selaku Anggota DPR-RI Komisi X Fraksi Nasdem yang telah memberikan peluang, kesempatan bahkan menjadi jembatan  kepada Direktorat Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf RI sehingga bimtek digelar di Kabupaten Toraja Utara.

Ia mengakui ada banyak faktor yang mendukung pariwisata terutama dalam pengembangan dan salah satu yang berperan penting dalam pemasaran adalah media sosial, dimana kita bisa mempromosikan pariwisata dengan biaya murah dan gampang atau sederhana tetapi dampaknya luar biasa.

"Kegiatan ini manfaatnya sangat luar biasa bagi kita bagaimana memasarkan produk pariwisata kita lewat media sosial, ini adalah sebuah kesempatan agar menjadi sarana bagi kita untuk memasarkan produk kita dengan harapan bahwa ini akan menjadi program bagaimana mengembangkan produk ekonomi kreatif kita," pungkas Salam Tambaru.

Penulis  : Martinus Rettang
Editor     : Redaksi