Home Pendidikan Wakili Tana Toraja, Yulius Roma Patandean Raih Juara Favorit Lomba Video Inovasi Pembelajaran Tahun 2023

Wakili Tana Toraja, Yulius Roma Patandean Raih Juara Favorit Lomba Video Inovasi Pembelajaran Tahun 2023

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Yulius Roma Patandean, S.Pd., M.Pd. salah satu guru dari SMA Negeri 5 Tana Toraja berhasil meraih Juara Favorit Lomba Video Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMA, SMK dan SLB tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka Festival Inovasi Pendidikan memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 dan bulan Pendidikan Merdeka Belajar.

"My X is My Con" adalah judul video inovasi pembelajaran hasil karya guru yang akrab disapa pak Roma berhasil memukau dewan juri dan terpilih sebagai Juara Favorit.

"Karya inovasi ini adalah tentang bagaimana siswa menggunakan pengalaman nyata dalam kehidupan mereka sehari-hari yang dibuktikan dengan foto dan kemudian mereka olah menjadi konten/materi pembelajaran. Selain itu, dalam karya inovasi ini dititipkan tentang bagaimana memanfaatkan smartphone secara positif untuk kegiatan pembelajaran di sekolah", terang Yulius Roma kepada REPLIKNEWS, Senin (5/6/2023).

Roma sapaan akrabnya merupakan satu-satunya guru dari Kabupaten Tana Toraja yang berhasil lolos ke babak Final Lomba Video Inovasi Pembelajaran tahun 2023 yang diikuti oleh 50 peserta perorangan dan tim dari semua kabuapten/kota se-Sulawesi Selatan.

Dijelaskan Roma bahwa memperoleh gelar juara Favorit tidaklah mudah, karena harus melewati beberapa tahap, mulai dari seleksi online maupun offline dengan mempresentasikan karya inovasi didepan dewan juri dan peserta lomba yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 25-27 Mei di Hotel Grand Imawan Makassar.

"Sebelum mencapai babak final, semua peserta diseleksi karyanya secara online melalui pengiriman storyboard. Di tahapan selanjutnya, karya peserta kembali diseleksi secara online lewat video yang dibuat berdasarkan storyboard. Dari hasil seleksi video tersebut kemudian bertarung di babak final dimana semua peserta mempresentasikan karya inovasinya di depan dewan juri dan semua peserta lomba", jelas Yulius Roma.

"Usai pengumuman juara, dilanjutkan dengan upacara pemberian penghargaan berupa Piagam, piala dan uang pembinaan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Harpansa, M.M, di Hotel Dalton Makassar (30/5/2023)", lanjutnya.

Tak hanya itu, dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, Yulius Roma Patandean salah satu anggota KNPI Tana Toraja Versi Daming Sampesuso yang mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja juga terpilih dan lolos ke Grand Final Lomba Berbagi Praktik Baik Bagi Guru se-Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Selatan.

"Terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus, juga kepada bapak pendeta Yunus Marthen Baso, S.Th,. Tentunya pencapaian ini saya persembahkan untuk Tana Toraja, sekolah, keluarga dan secara khusus kupersembahkan untuk para siswaku yang telah menjalani inovasi ini", pungkasnya.

Penulis   : Martinus Rettang
Editor     : Iga