Home Daerah Tindak Lanjut MoU, TIM Panasonic Gelar Seminar Produk AC di SMK Negeri 1 Tana Toraja

Tindak Lanjut MoU, TIM Panasonic Gelar Seminar Produk AC di SMK Negeri 1 Tana Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dalam rangka Menindaklanjuti MOU antara SMK Negeri 1 Tana Toraja dan Tim Panasonic, salah satunya yakni Seminar Pengetahuan Produk Air Conditioner (AC). 

Diikuti 70 siswa dari kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Elektronika didampingi Ketua Jurusan serta Guru dari kedua jurusan tersebut, kegiatan ini berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Tana Toraja selama dua hari, yakni tanggal 8-9 Desember lalu. 

Kegiatan seminar ini dibuka langsung oleh Kacabdin Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Baharuddin Iskandar S.Pd., M.Pd. 

Baharuddin Iskandar dalam sambutannya memberikan Motivasi kepada Siswa agar semangat dalam proses belajar mengajar. 

Tak hanya itu Baharuddin juga menyampaikan informasi penting sekaitan dengan program-program dari Pemerintah utamanya Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, yang diharapkan mampu diimplementasikan dalam proses Pendidikan di sekolah. 

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Cabang Servis Makassar Panasonic, Robert Raba S.T mengatakan agar Siswa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam berbagai kegiatan. 

Hal ini kata Robert, sebagai salah satu cara dalam peningkatan Hard Skill dan mutu para Siswa dan menjadikannya sebagai tenaga siap pakai setelah lulus nantinya. 

Sofyan Linggi' S.Pd, Kepala UPT SMK Negeri 1 Tana Toraja mengucapkan Terima Kasih atas dedikasi yang tinggi dari Pihak Panasonic yang selalu menyambut baik segala program dan benar benar totalitas dalam membantu penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Siswa yang nantinya akan terjun ke Dunia Industri dan Berwirausaha. 

Pada kesempatan itu, Sofyan Linggi' juga melaporkan kepada Kacabdin bahwa kerjasama dengan Panasonic merupakan bagian dari proyek pengembangan Sekolah/Lembaga dimana salah satunya dalam bentuk program Ekstrakurikuler yang merupakan terobosan pertama di wilayah Tana Toraja bahkan Sulawesi Selatan. 

Tujuan jangka menengahnya adalah seleksi bagi calon peserta magang siswa ke Industry Panasonic, dan program jangka panjangnya adalah menjadi teaching factory yang berbasis jasa. Diharapkan menjadi Authorized Service Centre Area Tana Toraja.

Kegiatan yang sedianya berlangsung dua hari tidak hanya berupa pemberian materi tentang AC, namun peserta langsung diperhadapkan pada produk yang kemudian dipraktekkan langsung oleh siswa dibawah bimbingan Pemateri. 

Dengan itu diharapkan akan menjadi bekal untuk siswa dalam meningkatkan ilmu dan pengetahuan tentang Air Conditioner serta wawasan tentang dunia kerja. 

Pembukaan ini juga diwarnai dengan penyerahan Sertifikat hasil diklat dan uji Sertifikasi Guru oleh pihak Panasonic kepada 15 orang guru yang berasal dari guru SMK N 1 Tana Toraja beserta SMK mitra di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara. 

Sertifikat diserahkan secara simbolis kepada Alexander Masiku, S.Pd. yang juga sebagai Koordinator Pembimbing Ekskul Panasonic.

Diharapkan Kegiatan serupa dapat terus ditingkatkan utamanya kerjasama yang baik dari pihak Industri yang suportnya sangat dibutuhkan untuk membantu kualitas dan mutu Pendidikan terlebih bagi Sekolah Menengah Kejuruan. (*/Red)