Home Nasional Tana Toraja Raih Penghargaan UHC Award 2024

Tana Toraja Raih Penghargaan UHC Award 2024

REPLIKNEWS, JAKARTA - Kabupaten Tana Toraja dibawah kepemerintahan Bupati Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati dr Zadrak Tombeg meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. 

Penghargaan itu terima langsung Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis (08/08/2024).

"Puji Tuhan kita mendapat penghargaan. Kita komitmen selama ini melalui program UHC masyarakat Tana Toraja mendapatkan jaminan dan pelayanan kesehatan yang prima," ucap dr Zadrak. Acara ini dikemas dalam tema "Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia".

Penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi dan Daerah itu dihadiri langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin. 

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi target UHC di Indonesia yang telah terwujud di atas 98 persen dari total penduduk, dengan lebih dari 275 juta jiwa terdaftar dalam Program JKN-KIS.

"Pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah," ujar Wapres. 

Namun, Wapres mengingatkan bahwa evaluasi tetap diperlukan secara terus-menerus terhadap pelaksanaan program ini, terutama terkait permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang macet.

"Saya berharap permasalahan ini tidak akan menghambat upaya BPJS Kesehatan dalam memastikan tersedianya fasilitas kesehatan yang berkualitas serta kemudahan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan," pintanya.

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi