Home Organisasi Solid, Sapma Pemuda Pancasila Tator Gelar Aksi Penggalangan Dana Bantu Korban Lonsor di Palangka

Solid, Sapma Pemuda Pancasila Tator Gelar Aksi Penggalangan Dana Bantu Korban Lonsor di Palangka

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Satuan Pelajar Mahasiswa (Sapma) PP Tana Toraja Komisariat Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja menggelar aksi kemanusiaan lewat penggalangan dana untuk korban bencana longsor di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Rabu (17/4/2024).

Penggalangan dana tersebut terpusat di Plaza Kolam Makale dipimpin langsung oleh ketua Sapma PP Tator, Theofilus Patu Rerung dan diikuti oleh 30 kader Sapma. Aksi dimulai sekitar pukul 10:00 - selesai.

Ketua Komisariat IAKN Toraja, Jordi mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah baik dan sangatlah memperlihatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

"Aksi kemanusiaan ini kami lakukan karena didalam Pancasila terdapat dalam sila kedua yang bunyinya "Kemanusiaan yang Adil dan beradab" sehingga kami turun ke jalan untuk melakukan aksi kemanusiaan," kata Jorgi.

Selain itu kata dia, juga sebagai relasi terhadap sesama, kemudian, dari musibah yang di alami oleh masyarakat Tana Toraja. Bahkan terkhusus untuk kami Sapma PP Kom. IAKN-T ada anggota kader kami yang mengalami musibah dimana ayah dari saudara kami meninggal dunia akibat bencana longsor yang terjadi di Palangka beberapa hari lalu.

"Karena rasa kemanusiaan itulah kami turun kejalan menggelar aksi penggalangan dana," ujarnya. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian Sapma PP Tana Toraja akan bencana yang dialami saudara-saudara kita di Palangka beberapa wakti lalu," beber Jorgi.

Sementara itu, ketua Sapma PP Tator, Theofilus Patu Rerung sangat mengapresiasi banyaknya masyarakat Toraja yang ikut berpartisipasi menyumbangkan rejekinya untuk membantu korban longsor di Palangka.

Ditambahkan Theo bahwa dalam aksi penggalangan dana tersebut Sapma PP Tana Toraja berhasil mengumpulkan total RP.4.500.000.

"Kita bersyukur ada kesadaran dari masyarakat Toraja untuk ikut meringankan beban saudara kita yang mengalami musibah, terbukti karena banyak yang ikut berpartisipasi menyumbangkan rejekinya melalui penggalangan dana yang kami lakukan," jelas Theo.

"Luar biasa, karena dalam aksi penggalangan dana tersebut, kami berhasil mengumpulkan total RP.4.500.000, semoga dengan adanya bantuan ini bisa sedikit meringankan beban keluarga yang mengalami musibah. Rencananya besok kami akan langsung menyerahkan bantuan ini kepada pihak korban," pungkas Theo.

Sapma Pemuda Pancasila Tana Toraja Salurkan Bantuan

Berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.4.500.000 dari aksi penggalangan dana pada Rabu 17/4/2024 kemarin, Satuan Pemuda Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Tana Toraja turun ke lokasi meyerhkan bantuan kepada salah satu kader Sapma yang terkena musibah tanah longsor di Palangka, Kecamatan Makale, Kamis (18/4/2024).

"Hari ini kami sudah menyerahkan hasil penggalangan dana, total uang yang terkumpul itu semuanya kami belanjakan dan kami salurkan dalam bentuk sembako, semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban keluarga kader yang mengalami musibah," ujar ketua Sapma PP Tator, Theofilus Patu Rerung.

Senada, Windri salah satu kader Sapma yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih atas kepedulian organisasi Pemuda Pancasila Tana Toraja.

"Terima kasih rekan-rekan Sapma PP atas bantuannya. Ini membuktikan bahwa solidaritas dalam organisasi Pemuda Pancasila tetap terjaga dengan baik," ujar Windri.

Penulis   : Salmon Tangiloang
Editor     : Iga