Home Daerah Semarak Hari Amal Bakti Kemenag,  KUA Barombong Launching Desa Keluarga Sakinah sekaligus Lomba Salawat dan Kasidah Sekecamatan Barombong

Semarak Hari Amal Bakti Kemenag,  KUA Barombong Launching Desa Keluarga Sakinah sekaligus Lomba Salawat dan Kasidah Sekecamatan Barombong

REPLIKNEWS, GOWA - peringatan hari amal bakti Kementerian Agama Kabupaten Gowa melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Barombong , melaunching desa Keluarga sakinah serta Lomba Salawat dan kasidah antar Majelis Taklim Sekecamatan Barombong Rebana selama 2 hari yang mulai pada tanggal 28/29 Desember 2021 bertempat Jalan H. Seha Dg. Bantang tangalla desa Kanjilo. 

Launching desa keluarga Sakinah secara resmi dibuka oleh Plt Kepala Kantor Kemenag Gowa Dr. KH.Kaswad Sartono, M.ag didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala seksi Haji dan Umrah, pimpinan Baznas Hadir pula Camat Barombong yang diwakili,  Kepala Desa Kanjilo serta Polsek Diwakili dan pihak TNI yang diwakili, jajaran KUA, asn Kemenag Sulsel tokoh agama. 

Dalam sambutannya Kepala Kantor Urusan Agama Barombong H.Beni Susanto mengatakan Jumlah peserta Selawat dan kasidah dalam rangka menyemarakkan hari Amal Bakti Kementerian Agama yang  ke 76 tahun berjumlah 28 grup majelis taklim. 

"Dalam semarak Hari Amal Bakti Kemenag yang ke 76 tahun, kami menyelenggarakan lomba Salawat dan kasidah sekecamatan Barombong dimana peserta Kasidah sekitar 15 Group dan Peserta Kasidah 13," ujarnya. 

Lanjut ia berharap kiranya para penyuluh dan dan penghulu dapat bekerja sama guna bisa wujudkan desa Keluarga Sakinah "Penghulu dan Penyuluh Agama Islam bersinergi dalam mewujudkan Desa Keluarga Sakinah," harapnya. 

Sementara itu Plt Kepala Kantor Kemenag Gowa Dr. KH.Kaswad Sartono, M.ag yang juga Kepala Bidan Penaiszawa pada Kanwil Kemenag Prov. Sulsel sangat bersyukur adanya launching Desa Keluarga Sakinah Di KUA Barombong. "Tingginya angka perceraian di Kabupaten Gowa dari Pengadilan Agama sebanyak Kurang Lebih 900 angka perceraian. Dengan adanya program Desa Keluarga Sakinah ini diharapkan dapat menekan angka perceraian di Kabupaten Gowa," katanya saat memberikan sambutan.

 "Partisipasi aktif dari masyarakat tentunya dibutuhkan agar senantiasa melakukan konsultasi terkait persoalan-persoalan yang muncul dalam rumah tangga,"tambah Dr. KH.Kaswad Sartono, M.ag.

Lanjut ia juga mengungkapkan jika program Desa keluarga Sakinah ini yang berada di gowa pertama kali di laksanakan Sulsel tepatnya di kecamatan Barombong. "Desa keluarga Sakinah ini pertama kali di sulsel,"  jelasnya. 

Ditempat yang sama Ibu Kepala Desa Kanjilo Hj. Nuraeni mengungkapkan sangat mengapresiasi program dari Kementerian agama Pusat ini sehingga kedepan adanya desa Keluarga Sakinah akan menfasilitasi warga terkait permasalahan keluarga yang dihadapinya.

“Kami berharap program ini dapat terlaksana dengan baik dan tentu untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan sinergi dari semua pihak, kami selaku pemerintah Desa Kanjilo Khususnya tentu sangat mendukung apa yang menjadi program tersebut,” ucapnya,  Selasa 28/12/2021. (Udin)