Home Politik Selain Menyerap Aspirasi, Legislator Sulsel H. Anzar Zaenal Bate Sosialisasi Vaksinasi Saat Gelar Reses

Selain Menyerap Aspirasi, Legislator Sulsel H. Anzar Zaenal Bate Sosialisasi Vaksinasi Saat Gelar Reses

REPLIKNEWS, GOWA - Setiap anggota Dewan baik di tingkat daerah sampai Nasional tidak lepas dengan yang namanya reses. Hal ini bertujuan agar masyarakat atau konsituen dari anggota dewan tersebut dapat menyampaikan aspirasinya lewat reses yang dilakukan setiap anggota dewan.

Berdasarkan hal tersebut, anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Perindo H. Anzar Zaenal Bate yang juga merupakan Komisi D ini melakukan reses dengan para konsituennya di Aula Kantor Camat Biringbulu, Kelurahan Lauwa. Minggu (30/1/2022). 

Temu konstituen ini dihadiri langsung Camat Biringbulu, Natsir, Sekcam serta Lurah Lauwa, kelompok tani dan tokoh masyarakat.

H. Anzar Zaenal Bate yang akrab dipanggil dengan singkatan AZB mengatakan, seluruh anggota DPRD pun telah divaksin. Sehingga merasa berkewajiban mengajak masyarakat untuk ikut divaksin.

Olehnya itu, reses atau jaring aspirasi yang digelar DPRD, diantaranya melakukan edukasi tentang pentingnya vaksinasi tersebut. Diantaranya dipicu menyebarnya kabar bohong (hoaks) tentang dampak vaksin.

"Kita harus memerangi stigma ini. Masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya vaksinasi ini, serta jaminan keamanan dan kehalalannya yang sudah dipastikan oleh pemerintah", kata AZB.

"Masyarakat perlu terus didorong untuk mendapatkan vaksinasi dengan pengetahuan yang cukup, sehingga tidak terkesan dipaksakan karena akan mendapatkan bantuan baru mau divaksin", sambungnya. 

Ia mengungkapkan, salah satu keresehannya adalah penolakan masyarakat terhadap vaksin yang sangat berlebihan.

“Tugas kita bersama adalah, dekati masyarakat dan berikan edukasi”, jelasnya.

Dengan mendatangi langsung masyarakat, pihaknya merasa lebih dekat dan bisa berkomunikasi lebih intensif. Karena bila berkumpul, tidak semua warga bisa mengutarakan keluhan dan aspirasinya dihadapan orang banyak. Selain itu aspirasi yang masuk pun lebih banyak, karena setiap warga yang didatangi memiliki permasalahan yang berbeda-beda.

"Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat. Hal ini guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil. Sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. Terdapat beberapa aspirasi yang dikantongi, antara lain mulai akses Jalan Ke Kecamatan Biringbulu hingga Alsintan / traktor", bebernya. (Udhin)