Home Organisasi Safari Toleransi, PSI Bertandang ke Sinode Gereja Mamasa dan Penghayat Mapurondo

Safari Toleransi, PSI Bertandang ke Sinode Gereja Mamasa dan Penghayat Mapurondo

REPLIKNEWS, MAMASA - Safari Toleransi Partai Solidaritas Indonesia di Kabupaten Mamasa (21-23/12) mengunjungi Kantor Pusat Sinode Gereja Toraja Mamasa (GTM) dan Penghayat Kepercayaan Ada' Mapurondo, Kamis (21/12/2023).

Rombongan yang dipimpin Alan Christian Singkali, Ketua DPP PSI Bidang Penggalangan Kelompok Khusus, Relawan, dan Penggerak Komunitas diterima di kantor sinode GTM oleh Ketua Umum Sinode Pendeta Deppatola Pawa'.

Pdt Deppatola menyambut kedatangan rombongan DPP PSI dengan ucapan terima kasih. Menurut Deppatola, Ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sehingga safari toleransi yang dilakukan oleh partai PSI bisa menjadi contoh bagi partai lainnya.

"Dalam setiap perjumpaan selalu ada harapan, khususnya untuk Mamasa, sebuah wilayah yang sangat istimewa, kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi partai-partai politik lainnya," kata Pdt. Deppatola.

Alan menyampaikan terima kasih sudah bisa diterima oleh Sinode GTM. Menrut Alan, Ia sangat mengagumi toleransi di Kabupaten Mamasa dimana rakyat hidup rukun dan guyub, saling menerima dan memberi kesempatan.

Luar biasa toleransi disisni (Mamasa) Sebagaimana diketahui Kabupaten Mamasa yang komposisi penduduknya 75% Protestan, 17% Muslim, 3,2% Kepercayaan Mappurondo, 3% Katolik, dan 1,4% Hindu Alukta, sudah berdiri sejak tahun 2002 silam.

"Kabupaten ini sudah dipimpin oleh kepala daerah yang beragam. Baik warga GTM maupun yang beragama Muslim tapi mereka tetap hidup rukun dan damai, itu sangat luar biasa, itulah wujud toleransi warga Kabupaten Mamasa," kata Alan.

"Semoga toleransi seperti ini dapat terus terjaga dan jangan lagi ada situasi konflik seperti di masa lalu saat awal-awal Kabupaten ini berdiri," lanjutnya.

Selain mengunjungi sinode GTM, Safari Toleransi PSI juga mengunjungi Penghayat Kepercayaan Ada' Mapurondo di Desa Minanga, Kecamatan Bamban, Kabupaten Mamasa. Tim diterima oleh Bapak Reing, salah satu pengurus.

"Warga Mapurondo sementara persiapan pesta panen, sehingga belum sempat untuk berkumpul, namun kami berterimakasih sudah dikunjungi," kata Reing senada meminta maaf karena belum sempat berkumpul dengan tim safari partai PSI.

Diketahui, Mapurondo adalah sebuah kepercayaan asli orang Mamasa sub-etnis Pitu Ulunna Salu yang secara organisasi juga sudah terdaftar sebagai anggota Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap TYME di Indonesia (MLKI).

Mapurondo juga terdaftar di Direktorat Masyarakat Adat dan Kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Mapurondo sudah memiliki penyuluh bahkan asesor penghayat kepercayaan yang memungkinkan lembaga dapat dibina oleh Negara baik untuk memperoleh hak maupun dalam menjalankan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia.

"Saya bekerja sehari-hari sebagai guru matematika honorer, selain itu fulltime juga mengurus organisasi, karena anak muda yang diharapkan dapat mengembangkan lembaga kepercayaan ini," ungkap Bapak Reing.

Alan menjelaskan tentang kegiatan safari toleransi yang dijalankan oleh PSI, concern juga dengan keragaman yang ada di Indonesia.

"Beberapa waktu sebelumnya kita terhubung dengan majelis pusat MLKI, banyak kesempatan bertukar pikiran tentang situasi dan kondisi penghayat kepercayaan, sehingga saat kunjungan ke daerah kami juga dapat mengunjungi organisasi-organisasi anggota yang ada di berbagai tempat," kata Alan.

Untuk diketabui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sendiri berkomitmen untuk tetap menjaga keragaman kehidupan dalam masyarakat Indonesia.


Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi