Home Pendidikan Rakor Pelaksanaan Asesmen Nasional Tingkat Kabupaten Tana Toraja 2022 Berlangsung Dua Hari

Rakor Pelaksanaan Asesmen Nasional Tingkat Kabupaten Tana Toraja 2022 Berlangsung Dua Hari

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Mewakili Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, kepala didis (Kadis) pendidikan Tana Toraja, Anthon Toding menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Asesmen Nasional Tahap II Tahun 2022 tingkat Kabupaten Tana Toraja pada hari kedua, yang berlangsung di Gedung Tammuan Mali Makale. Kamis (19/05/2022).

Pada rakor tersebut Kadis Pendidikan Tana Toraja, Anthon Toding didampingi kepala bidang Pendidikan Dasar, Bertus Dwipe.

Dan dihadiri 220 Kepala Sekolah Dasar (SD), 220 Operator sekolah, Pengawas SD 20 orang serta Tim Tehnis 3 orang.

Kadis Pendidikan Tana Toraja, Anthon Toding menyampaikan asesmen nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Menurut Anthon Toding mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

"Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar", ujar Anthon toding. 

Anthon juga mengatakan asesmen nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Hal senada disampaikan pendidikan Dasar, Bertus Dwipe bahwa asesmen nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

"Penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah di tingkat Kabupaten/Kota. Pemkab Tana Toraja melaksanakan Rakor Asesmen Nasional Tahap II", ungkap Bertus Dwipe.

Sebelumnya rapat koordinasi (Rakor) Asesmen Nasional Tahap II Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Tana Toraja di buka oleh Asisten III Pemkab Tana Toraja Sulaiman Malia pada Rabu 18 Mei 2022. (*)

Editor          : Iga