Home Nasional Promosikan Kain Tenun Toraja dan Sarita di Medan, Damayanti Batti: Cinta dan Bangga Produk Toraja

Promosikan Kain Tenun Toraja dan Sarita di Medan, Damayanti Batti: Cinta dan Bangga Produk Toraja

REPLIKNEWS, MEDAN - Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara, Damayanti Batti promosikan kain tenun Toraja dan sarita di Kota Medan. 

Kain tenun asli Toraja itu dipromisikan Damayanti di hari ulang tahun (HUT) Dekranasda ke 47 tahun yang digelar di Hotel Santiko, Kota Medan, 16 Mei kemarin. 

Perayaan 47 tahun dekranasda  dibuka langsung Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan ibu Hj. Wury Maruf Amin, dihadiri oleh pengurus Dekranasda dari seluruh Provinsi, Kabupatendan Kota se Indonesia.

Peringatan 47 tahun dekranasda tahun ini mengusung tema 'Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya'.

Dekranasda Toraja Utara dalam kegiatan itu pamerkan sejumlah produk unggulan, seperti kain tenun, sarita.

Selain itu, ditampilkan pula busana toraja hasil kombinasi kain tenun dengan sarita yang di desain otentik, modern dengan kualitas dunia. 

"Kita sebagai orang Toraja harus bangga, mencintai dan memelihara  kain Toraja, seperti dalam kesempatan ini kami beserta seluruh kontingen Sulsel mengenakan kain sarita produksi UKM Toraja Utara", kata Damayanti dalam keterangan tertulis yang diterima REPLIKNEWS, Rabu (17/5/2023). 

Yanti sapaan akrab Damayanti Batti mengatakan, promosi di Medan Sumatra Utara ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kualitas serta daya saing kerajinan UKM Toraja Utara yang berbasis kearifan lokal. 

"Saya mengharapakan melalui pameran ini produk kain Toraja lebih dikenal secara Nasional dan meningkatkan ekonomi serta kreatifitas pengrajinnya", terang Founder Toraja Ma'gellu itu. 

Ketua Masyarakat Sadar Wisata itu juga menyebut, pihkanya akan terus berupaya melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk-poduk unggulan perajin di Toraja Utara. 

Penulis   : Iga
Editor     : Redaksi