Home Politik Politisi Gerindra Firmina Tallulembang 'Hattrick' di Pileg DPRD Sulsel

Politisi Gerindra Firmina Tallulembang 'Hattrick' di Pileg DPRD Sulsel

Dok Ist. Firmina Tallulembang

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Petaha Firmina Tallulembang hattrick di pileg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dapil X yang meliputi Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut). 

Firmina satu satunya petahana dari dapil X yang berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Sulsel. 

Dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tator dan Torut, pemenang untuk dapil ini sudah bisa diketahui, Partai Gerindra berhasil mengamankan satu kursi dengan total suara 35.881, suara tertinggi diraih Firmina sebanyak 19.684 suara.

"Kita bersyukur untuk ketiga kalinya di berikan kepercayaan masyarakat Toraja duduk di DPRD Provinsi Sulsel," kata Firmina Tallulembang kepada REPLIKNEWS, Senin (4/03/2024). Berkat kerja nyata di masyarakat, perolehan suara politisi partai berlambang kepala garuda di tiap periode terus meningkat. 

"Suara saya di periode yang lalu itu tidak sampai 14 ribu, tahun ini 19 ribu lebih, kurang sedikit 20 ribu," terangnya. 

Ia mengaku tak menyangka mampu meraup suara sebanyak itu, sebab pertarungan di dapil X tahun ini cukup sengit.

Dimana sejumlah caleg yang maju bertarung merupakan keluarga penguasa seperti istri Bupati Tator, Yariana Somalinggi, putra sulung Bupati Torut, Fhireno Sakti Bassang, bahkan ada dari keluarga petinggi partai. Selain itu, para petaha di dapil ini juga kembali bertarung. 

Meski begitu, apa yang sudah diperjuangkan untuk masyarakat khususnya Toraja di sektor pertanian, pariwisata dan peternakan mampu mengantarnya duduk kembali, ibarat pribahasa 'Apa yang kau tabur itu yang kau tuai'. 

"Tidak sia-sia selama saya duduk di DPRD, periode ke dua fokus mensupport petani ya mungkin itulah hasilnya menjadi sahabat petani. Kembali saya merenung mungkin ini kehendak Tuhan, saya diberi kesempatan 5 tahun lagi bekerja untuk Toraja," terangnya. Firmina menyampaikan terima kasih kepada semua pendukung yang telah bekerja keras. 

"Kita berharap di periode ke tiga ini saya lebih maksimal lagi bekerja dan berkarya untuk masyarakat terkhusus dapil saya Tana Toraja dan Toraja Utara," pungkasnya. 

Partai lain yang lolos yakni, partai Golkar mengamankan dua kursi yang diraih putra sulung Bupati Torut Fherino Bassang dengan 45.092 suara pribadi dan istri Bupati Tator, Yariana Somalinggi dengan 40.856 suara pribadi. 

Partai Demokrat berhasil mengamankan satu kursi yang diraih pendatang baru yakni Yuniana Mulyana dengan 21.203 suara pribadi. 

Kemudian partai NasDem yang diraih Mantan Wakil Bupati Torut, Yosia Rinto Kadang dengan 14.585 suara pribadi. 

Diketahui, petahana yang kembali bertarung di dapil ini namun tak mampu mempertahankan kursinya yakni, Juffri Sambara dari partai Demokrat, Dan Pongtasik dari PDIP Perjuangan dan Sarwindy T. Biringkanae dari partai NasDem.

Hanya satu yang tak lagi bertarung yakni Jhon Rende Mangontan, namun ia digantikan istrinya Tiku Rara Bumbungan. 

Penulis    : Iga
Editor      : Redaksi