Home Organisasi PMKRI Cabang Toraja Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial

PMKRI Cabang Toraja Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Toraja menghadiri Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Ketora di Aula Perpustakaan Daerah Toraja Utara, Kamis (03/10/2024).

Tujuan Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial adalah memberikan pengetahuan tentang teknik wartawan (peliputan) dalam mendapatkan data dan informasi yang akurat, membuat konsep tulisan untuk majalah, bulletin atau berita video, membuat master desain lay out, dan lainnya.

Ketua Yayasan Ketora, Ir. Jeanot Nahasan Nida mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial dapat menambah wawasan dan kejelian dalam mencernah informasi.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat karena kita melihat Netizen yang sangat minim dalam menanggapi berita," kata Jeanot.

Sementara Koordinator Biro Media dan Pers PMKRI Cabang Toraja, Agustinus Limbongan mengatakan dengan adanya pelatihan jurnalistik ini kita mampu melatih keahlian atau keterampilan (Skill) dalam membuat karya jurnalistik.

"Terimakasih kepada Yayasan Ketora yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, tentunya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis dan mahasiswa dalam mengasah kemampuan menulis," kata Agustinus kepada REPLIKNEWS lewat via WhatsApp kamis malam.

Senada, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toraja Utara, Obednego Toding Padang mendukung penuh kegiatan pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial yang dilaksanakan oleh PMKRI.

"Dengan adanya kegiatan ini tentunya mahasiswa menjadi tahu berbagai persoalan berkaitan dengan tugas jurnalistik, termasuk praktek-praktek jurnalistik yang menyimpang, mengetahui peran media massa dan jurnalistik dalam menyebarluaskan informasi sesuai dengan fakta," kata Obednego.

Obednego juga mengatakan dengan menulis  bisa menyampaikan informasi, menyadarkan, membangun opini publik atau kritik.

"Karena budaya menulis di era milineal ini sepertinya menurun, banyak mahasiswa mengaku kesulitan ketika menyelesaikan tugas akhir. Sehingga kita berharap pelatihan ini bisa meningkatkan minat menulis bagi mahasiswa dan menunjang penyelesaian studi," pungkasnya.

Adapun materi dasar-dasar Jurnaslitik tersebut dibawahkan oleh Pimpinan Redaksi Portal Kareba Toraja, Avelino Agustinus Pole yang dihadiri oleh berbagai instansi/Lembaga Komunitas.

Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi