Home Politik Perubahan Dapil Jadi Bahan Diskusi Publik KPU Tator

Perubahan Dapil Jadi Bahan Diskusi Publik KPU Tator

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja adakan Diskusi Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tana Toraja, di aula Pantan Toraja Hotel, Makale, Kamis (15/12/2022).

Dikatakan ketua KPU, Rizal Randa bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendengarkan pendapat publik baik dari kalangan toko masyarakat, toko adat, toko agama dan pemerintah dan toko politik.

"Jadi sengaja kami undang pihak-pihak terkait agar bisa memberikan masukan sebelum dapil ditetapkan oleh KPU", ujarnya.

Disinggung terkait perubahan dapil, Rizal menjelaskan bahwa masih banyak yang menginkan agar dapil tidak berubah dan tetap sama seperti 2019 lalu.

"Sejauh ini kalau masalah perubahan dapil, seperti yang telah kita dengarkan dalam diskusi publik, sebagian besar maasih menginginkan agar dapil ini tetap", beber ketua KPU Tator, Rizal Randa.

Lebih lanjut Rizal mengatakan bahwa Daerah Pemilihan (Dapil) itu merupakan medan tempur bagi semua pelaku Parpol, sehingga diperlukan persiapan yang benar-benar matang untuk pencalonan kedepan.

"Saya kira Dapil ini merupakan medan tempur bagi teman-teman Partai Politik yang akan maju dalam pemilu sehingga diskusi ini memang erat kaitannya dengan mereka untuk mempersiapkan diri menuju pertarungan politik kedepannya", tutup Rizal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Tator, Wakapolres Tator, Danramil Makale, Ketua DPRD Tator, Kajari tator, Tokoh Masyarakat, Toko Adat, Tokoh Agama, Ketua Bawaslu, serta beberapa calon anggota DPRD dari berbagai Partai Politik.

Penulis  : Martinus Rettang
Editor    : Natha