Home Provinsi Periganti Hardiknas, Sejumlah Aliansi Mahasiswa di Makassar Lakukan Unjuk Rasa

Periganti Hardiknas, Sejumlah Aliansi Mahasiswa di Makassar Lakukan Unjuk Rasa

REPLIKNEWS, MAKASSAR - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sejumlah aliansi mahasiswa di kota Makassar unjuk rasa di beberapa titik, Kamis (2/5/2024).

Unjuk rasa ini menutup beberapa ruas jalan yang ada di kota makassar, akibat dari penutupan ruas jalan tersebut kemacetan panjang terjadi hingga sore ini.

Ada beberapa titik aksi demo yang hingga sore ini masih berlangsung dan mengalami kemacetan panjang yaitu, Jl. Urip Sumoharjo, Fly Over, dan Jl. Sultan Alauddin.

Meski diwarnai aksi bakar ban di tengah jalan, namun selama unjuk rasa ini berlangsung tidak ada tanda-tanda akan adanya kericuhan dikarenakan dikawal ketat oleh pihak Kepolisian.

Dari hasil penelusuran REPLIKNEWS, ada sekutar 1.800 personil Kepolisian yang disiagakan untuk mengawal ketertiban unjuk rasa hari ini.

"Ada 20 aliansi mahasiswa yang turun ke jalan hari ini," kata salah satu peserta aksi saat ditemui REPLIKNEWS dilokasi, Kamis (2/5/2024).

Dalam unjukrasa tersebut, massa aksi membawa dua tuntutan antara lain:

1.Mengenai pendidikan, termasuk peningkatan kualitas pendidikan, aksesibilitas, dan isu-isu lain yang berkaitan dengan sistem pendidikan nasional.
2.Pembubaran demo hari buruh di kampus UNM yang dimasuki polisi terus tangkap 5 orang mahasiswa.

"Kami harap kedua tuntutan diatas menjadi perhatian serius dari Pemprov Sulsel," kata salah satu orator aksi.

Usai melakukan unjuk rasa, massa aksi kemudian membubarkan diri tanpa memicu kericuhan.

Penulis   : Yedidya Eka Putra
Editor     : Redaksi