Home Nasional Perdana, Forum Genre Tana Toraja Jadi Kontingen Sulsel di Adujaknas BKKBN RI

Perdana, Forum Genre Tana Toraja Jadi Kontingen Sulsel di Adujaknas BKKBN RI

REPLIKNEWS, BALI - Perdana, Forum Generasi Berencana (Genre) Tana Toraja menjadi salah satu kontingen perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada ajang Apresiasi Duta dan Ajang Kreativitas Genre Nasional (Adujaknas) yang dilaksanakan BKKBN RI di Hotel Prime Plaza, Denpasar Bali. Kegiatan ini menjadi momentum pertama bagi Forum Genre Tana Toraja terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. 

Pembukaan Adujaknas diisi berbagai agenda besar, diantaranya parade budaya, workshop, Genre exhibition dan berbagai agenda lainnya. 

Pada parade budaya, Rizki Hosea asal Tana Toraja menampilkan busana pakaian adat Toraja mewakili Duta Genre inklusi Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kemudian, Genre Exhibition mengangkat tema "Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting". Setiap kontingen membawa produk yang digunakan untuk pencegahan stunting. Forum genre Tana Toraja membuat produk "Abon Ikan Lele".

Desyanti Tandirerung pendamping duta Genre Tana Toraja yang juga Pengelolah Program Bina Ketahanan Remaja DP3AP2KB Tana Toraja berharap, forum Genre Tana Toraja kembali membagikan kepada semua remaja baik secara umum maupun Inklusi agar teman disabilitas memperoleh ilmu yang sama, serta memiliki ruang untuk mengakses informasi yang sama dengan remaja yang lainnya.

"Sehingga rumah Genre menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi remaja khususnya di Tana Toraja," kata Desyanti kepada REPLIKNEWS, Jumat (20/09/2024).

Kegiatan Nasional ini adalah bagian penting dari persiapan generasi emas 2045 yaitu pada tahun tersebut nahkoda kempemimpinan ada di tangan mereka yang saat ini memiliki usia remaja, maka melalui Genre generasi emas disiapkan bukan hanya skala daerah atau provinsi tetapi menjadi skala Nasional. 

Forum Genre Tana Toraja yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 12 orang, terdiri dari pembina forum genre, perwakilan pengurus Forum genre, duta genre kabupaten, duta genre inklusi perwakilan PIKRemaja basis sekolah 6 orang yaitu PIKR SMA Kristen Makale, PIKR SMA Negeri 1 Tana Toraja, PIKR SMA Negeri 5 Tana Toraja, PIKR SMK Kristen Makale, dan PIKR SMA Katolik Makale. 

Kegiatan Adujaknas berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 September 2024 di Provinsi Bali. 

Penulis       : Dirga Y. Tandi
Editor         : Redaksi