Home Pendidikan Pengembangan Pendidikan, Ekonomi dan Pariwisata Jadi Proker Utama Mahasiswa KKN UKI Toraja di Lembang Perindingan

Pengembangan Pendidikan, Ekonomi dan Pariwisata Jadi Proker Utama Mahasiswa KKN UKI Toraja di Lembang Perindingan

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) Angkatan XLIII gelar seminar program kerja di lembang Perindingan, kecamatan Gandang Batu Sillanan, kabupaten Tana Toraja, Senin (15/7/2024).

Kegiatan seminar proker KKN-T tersebut berlangsung di kantor Lembang Perindingan, dihadiri langsung Kepala Lembang beserta aparatnya, Dosen pembimbing, tokoh masyarakat, tokoh pendidik, perwakilan mahasiswa KKN-T IAKN Toraja, dan masyarakat setempat.

Novalia Sulastri selaku dosen pembimbing dalam sambutannya berharap dengan adanya utusan KKN-T UKI Toraja dapat didukung dan disupport masyarakat terlebih khusus para aparat Lembang terkait dengan rencana realisasi program mahasiswa KKN-T di Lembang Perindingan 

"Tema KKN-T UKI Toraja untuk tahun ini sama dengan tema KKN-T UKI Toraja dua tahun yang lalu, tapi untuk tahun ini akan lebih dikembangkan lagi. Perlu diketahui bahwa sebaik apapun suatu program tidak akan terealisasi dengan baik tanpa adanya kerja sama. Olehnya itu, kami sangat mengharapkan kerja sama, dukungan dan support dari kita semua pihak sehingga apa yang kita harapkan bersama dari program ini bisa terlaksana dan tercapai dengan baik," harap Novalia.

Adapun yang menjadi Proker utama KKN-T UKI Toraja di Lembang Perindingan yakni program inovasi pengembangan kawasan Wisata Buntu Tiroan.

Sementara untuk program tambahan yakni membantu dan memonitoring kegiatan mengajar di UPT SDN 5 Gandang Batu Sillanan, membantu dan memonitoring kegiatan belajar teknologi informasi dan komunikasi, kegiatan belajar bahasa Indobesia di UPT SMPN 4 Gandang Batu Sillanan, sosialisasi adaptasi teknologi di UPT SDN 5 Gandang Batu Sillanan serta sosialisasi perawatan tanaman jangka panjang.

Menurut koordinator lapangan, Andreas Batara bahwa pelaksanaan KKN-T Angkatan XLIII ini memiliki visi membantu mengembangkan masyarakat lembang Perindingan dalam bidang ekonomi, pariwisata, dan pendidikan dengan tema "Pengembangan Desa Mandiri Melalui kawasan wisata berbasis potensi lokal, teknologi, dan Green Ekonomi". Tema itu diambil berdasarkan pengamatan terhadap kondisi desa yang sedang dihadapi saat ini.

Andreas merinci beberapa rencana program kerja KKN-T UKI Toraja di Lembang Perindingan dibagi menjadi beberapa divisi. Yang pertama, divisi pariwisata. Divisi ini memiliki program kerja seperti mengadakan kerja bakti secara rutin seminggu sekali, pembuatan gapura diperbatasan Lembang Sillanan dengan Lembang Perindingan, pembuatan pagar di sekeliling kantor Lembang, pembersihan akses jalan dan plakat menuju wisata Buntu Tiroan.

Yang kedua, divisi ekonomi. Divisi ini memiliki rencana program kerja seperti mengadakan penanaman kopi. Yang terakhir yakni divisi pendidikan. Divisi ini memiliki rencana program mengadakan pengajaran pendidikan bahasa kepada anak-anak SD, dan mengajar penggunaan Microsoft Excel di Lembang.

"Jadi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, kami selaku mahasiswa KKN-T UKI Toraja akan mengamati dan membantu mengembangkan setiap potensi di desa Perindingan baik segi pariwisata, pendidikan maupun Ekonomi," jelas Andreas Batara kepada REPLIKNEWS usai kegiatan.

Tentunya kata Andreas, dengan adanya kerja sama, langkah ini menjadi wujud nyata dari kontribusi mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat, khususnya di wilayah Lembang Perindingan.

Sementara itu, Mathius Susa Saba selaku Kepala Lembang mengatakan pihaknya sangat mendukung hadirnya mahasiswa KKN di wilayahnya. Menurutnya, mahasiswa yang sejati adalah mahasiswa yang mampu berkarya secara kreatifitas dan membangun suatu perubahan yang bernilai positif 

"Kehadiran KKN-T di Lembang Perindingan menjadi suatu berkat bagi kami semua karena tentunya kehadiran mereka sangat membantu masyarakat baik dari segi wawasan yang baru maupun keterampilan," kata Mathius Saba usai kegiatan.

"Tentu kami semua berharap, mahasiswa KKN-T betul-betul menjadi contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat terutama dalam menunjukkan sikap sopan santun dan etika yang berakhlak layaknya seorang mahasiswa," pungkas Mathius Saba.

Penulis   : Hendrawan Tulak
Editor     : Redaksi