Home Politik Mengenal Lebih Dekat Duet Zadrak-Erianto, Lanjutkan Pengabdian Untuk Tana Toraja

Mengenal Lebih Dekat Duet Zadrak-Erianto, Lanjutkan Pengabdian Untuk Tana Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Duet dr Zadrak Tombeg-Erianto Laso' Paundanan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati senter disebut sebagai pasangan kuat di Pilkada Tana Toraja 2024. Pasangan tersebut dipastikan siap bertarung di Pilkada Tana Toraja 2024 setelah mendaftar ke KPU Tana Toraja beberapa waktu lalu. 

Zadrak-Erianto pada pilkada ini dikenal dengan akronim ZATRIA dengan tagline "Tulus Mengabdi Untuk Tana Toraja". Baik Zadrak maupun Erianto keduanya dikenal sebagai sosok yang Sederhana, Tulus, Ramah dan Sopan. 

Pada pilkada ini, ZATRIA diusung koalisi gemuk diantaranya, partai Gerindra, Nasdem, PDI Perjuangan, Perindo, Hanura dan Gelora. menduduki 19 kursi parlemen di DPRD Tana Toraja. Selain itu, ZATRIA juga didukung partai non parlemen yaitu PKS. 

dr Zadrak Tombeg, Sp.A

Zadrak Tombeg lahir di Makale, Tana Toraja, 30 Agustus 1962. Dirinya menempuh pendidikan di SD 2 Makale dan SMP Leslab Manado, kemudian melanjutkan sekolahnya di SMAN 10 Surabaya. 

Setelah itu, Zadrak melanjutkan dunia pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas) sebagai dokter spesialis anak. 

Zadrak Tombeg mulai berkarir di dunia pemerintahan dari pelosok sebagai Kepala Puskesmas Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng (1990-1992), kemudian Kepala Puskesmas Rembon (1992-1995), dokter spesialis anak di RSUD Lakipadada (2000-2006). 

Ditahun 2006-2007 Zadrak menjabat kepala bidang KIA dinas kesehatan Tana Toraja, kemudian Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja (2007-2013). 

Selain itu, suami Dr Erni Yetti Riman ini pernah menjadi dokter di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar (1995-2000), Direktur Akademi Kebinanan Sinar Kasih Toraja (2008-2020), Dosen Akper Toraja (2010-2020), Dosen Akbid Binah Sejahtera (2010-2020), Dosen Stikes Toraja Rantepao (2010-2020). 

Ayah dari 3 orang anak ini juga pernah menduduki posisi dan aktif disejumlah organisasi, diantaranya ketau Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tana Toraja (2015-2020), ketua Pemuda Gereja Kibaid se Indonesia (200-2010), Ketua Departemen Sosial Gereja Kibaid, Anggota GMKI, Anggota IDAI, bahkan Zadrak masih aktif di organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) sampai saat ini.

Dalam karir politiknya, Zadrak sempat maju bertarung sebagai Calon Bupati Tana Toraja pada pilkada tahun 2015 lalu, saat itu ia berpasangan dengan Dra Jeane Tandirerung, namun kalah dari rivalnya. 

Setelah itu, Zadrak kembali maju bertarung mendampingi Thofilus Allorerung sebagai Calon Wakil Bupati Tana Toraja pada Pilkada 2020 lalu. Keduanya berhasil menang dan dilantik pada tahun 2021. 

Meski diwariskan utang dari pemerintahan sebelumnya, Theofilus dan Zadrak hingga saat sudah menerima sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat dan provinsi. 

Salah satu sejarah yang ditorehkan yakni opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel), ini merupakan WTP pertama bagi Tana Toraja semenjak terbentuk. 

Tak hanya itu, terobosan Universal Health Coverage (UHC) di bidang kesehatan juga mendapat Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, serta beberapa penghargaan lainnya. 

Saat ini Zadrak juga sebagai ketua DPC Partai Gerindra Tana Toraja. Ditangannya partai besutan Probowo Subianto di Tana Toraja sangat gemilang. 

Pasalnya, pada Pileg Februari 2024 lalu, Gerindra berhasil mengamankan 6 kursi di DPRD Tana Toraja, naik drastis 200 persen dari periode sebelumnya, dimana Gerindra hanya menduduki 2 kursi di parlemen. Prestasi ini tentu tidak lepas dari tangan dingin Zadrak Tombeg. 

Dengan komitmen melanjutkan pengabdian untuk Tana Toraja lebih baik, Zadrak kembali memutuskan maju sebagai Calon Bupati. Kali ini, ia menggandeng Erian L. Paundanan sebagai wakilnya. 

Erianto Laso' Paundanan, S.H.,M.H

Erianto Laso' Paundanan lahir pada 12 Februari 1967 di Banga, Kecamatan Rembon, Tana Toraja. Ia menempuh dunia pendidikan di SD Negeri Leppan, SMP Negeri Ulusalu, dan SMA Negeri 276 Makale di Tana Toraja. 

Kemudian, melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, dan meraih gelar Magister di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM Jakarta.

Erianto memulai karirnya di dunia jaksa saat mendaftar sebagai CPNS Kejaksaan Agung RI pada tahun 1994.

Putra asli Toraja itu merupakan jaksa berpengalaman, sudah lebih dari 30 tahun mengabdi di 12 Kabupaten/Kota di 8 Provinsi, termasuk 14 tahun di Kejaksaan Agung Jakarta.

Terakhir ia menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, yang mencakup dua kabupaten, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Berikut bebera jabatan yang pernah diemban Erianto Laso' Paundanan. 

Jaksa Fungsional di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Kasubsi Tindak  Pidana Subversi Kejakasaan Negeri Jakarta Utara, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kefamenanu NTT. 

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Waikanan Lampung, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Lampung Selatan, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Karawan Jawa Barat, Pemeriksa Pidsus dan Perdata Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau. 

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tana Toraja di Rantepao, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pinrang, Satgas Intelijen Kejaksaan Agung RI, Koordinator Intelijen Kejaksaan Tinggi Jambi, Kepala Kejaksaan Negeri Mamasa, Kapala Kejaksaan Negeri Tana Toraja. 

Salah satu prestasi yang ditorehkan Erianto saat menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, yakni meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mempan RB). Saat ini sedang diusulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Selain itu, Erianto juga aktif mengikuti berbagai kursus pelatihan pembentukan jaksa, pendidikan dan pelatihan terpadu jaksa dan hakim, serta pelatihan pengawasan dan pelacakan aset. 

Berbekal karir dan pengalaman di dunia jaksa, Erianto L. Paundanan kini merambah ke dunia politik sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Zadrak Tombeg di Pilkada Tana Toraja 2024. 

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi