Home Pendidikan Mantap, Puluhan Siswa SMA Negeri 3 Tator Lolos SNMPTN 2023, Satu Tembus Pendidikan Dokter

Mantap, Puluhan Siswa SMA Negeri 3 Tator Lolos SNMPTN 2023, Satu Tembus Pendidikan Dokter

Kepala UPT SMA Negeri 3 Tana Toraja, Drs. Andarias Kiding, M.Pd (Dok. IGA-REPLIKNEWS)

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pihak UPT SMA Negeri 3 Tana Toraja (Tator) terus berupaya dalam meningkatkan kualitas peserta didiknya. Hal itu terbukti setiap tahun jumlah peserta didik jebolan UPT SMA Negeri 3 Tator yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terus meningkat.

Tahun ini 2023, sebanyak 36 siswa UPT SMA Negeri 3 Tator berhasil lolos perguruan tinggi negeri lewat jalur  SNMPTN yang tersebar di berbagi perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pada tahun sebelumnya 2022 hanya 16 siswa. 

Dari 36 siswa, salah satunya Nurul Mardiyah Lona berhasil lolos Pendidikan Dokter di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Kota Manado, Sulawesi Utara, dan Amos Tandirerung lulus Teknik Fisika di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

"Kita sangat bersyukur dari tahun ke tahun grafik kita (yang lulus SNMPTN) terus meningkat bahkan ada yang lolos Pendidikan Dokter, kita harap kedepan terus meningkat", kata Kepala UPT SMA Negeri 3 Tator, Drs. Andarias Kiding, M.Pd kepada REPLIKNEWS, Sabtu (1/4/2023) saat ditemui diruang kerjanya. 

Ia berharap kepada siswanya yang lolos tersebut agar serius melanjutkan bangku pendidikan di kampus mereka lulus. 

Sebab, kata Andarias, jika tidak melanjutkan kuliah di kampus mereka lulus, hal itu akan berpengaruh terhadap peserta didik di SMA Negeri 3 Tator kedepan. 

"Jika tidak kekampus yang mereka lulusi, akan menjadi tendensi buruk kepada adik-adiknya kedepan. Karena selalu ada penilain bagi sekolah yang siswanya sudah lulus namun tidak lanjut dikampus dimana mereka lulus", terang Kepala Sekolah  ke delapan (8) di SMA Negeri 3 Tator itu. 

Andarias juga mengutarakan, hasil dan progres ini tidak terlepas dari peran guru dan staff, orang tua siswa serta semua stakeholder yang terlibat. 

"Semua yang berkompeten harus kerja keras, baik guru dan harus ditunjang oleh orang tua dan anak-anak kita yang terus berjuang", terangnya. 

"Kita semua berjuang mengembangkan sekolah ini dari waktu ke waktu supaya berkembang dengan baik. Prestasi adalah tanggung jawab kita bersama", pungkasnya.

Lolos seleksi SNMPTN merupakan dambaan semua siswa baik SMA maupun SMK yang baru lulus sekolah, sebab orang tua tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. 

Seleksi untuk lulus SNMPTN dilihat dari masa belajar siswa selama 3 tahun (Nilai rapor semester I kelas X sampai semestar I kelas XII) atau prestasi siswa. 

Penulis    : Iga
Editor      : Redaksi