Home Pendidikan Manfaatkan Plastik Bekas, SMPN 4 Makale Selatan Budidaya Tanaman Obat Keluarga

Manfaatkan Plastik Bekas, SMPN 4 Makale Selatan Budidaya Tanaman Obat Keluarga

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Siswa, pegawai, serta guru SMP Negeri 4 Makale Selatan bergotong royong laksanakan Jumat bersih di sekitar Lingkungan Sekolah SMPN 4 Makale Selatan, Lembang Randan Batu, Makale Selatan, Jumat (17/11/2023).

Pada kegiatan tersebut, siswa, pegawai, dan guru bersama-sama membersihkan drainase untuk menjaga lancarnya aliran air, terutama untuk menghadapi musim hujan yang telah tiba. 

Tak hanya membersihkan drainase, juga dilakukan penanaman sayur, cabe, dan toga (tanaman obat keluarga) dengan memanfaatkan bahan plastik bekas kemasan.

Kepala Sekolah SMPN 4 Makale Selatan, Berthy Allolinggi menyampaikan bahwa giat tersebut dilaksanakan untuk membangun kesadaran  mewujudkan budaya bersih di lingkungan sekolah.

"Kegiatan Jumat bersih ini selalu dilaksanakan untuk membangun kesadaran semua pihak sekolah, bukan hanya siswa tetapi semua guru, pegawai dan kepala sekolah untuk mewujudkan budaya bersih di lingkungan sekolah," jelas Berthy. 

Hal tersebut juga sejalan dengan surat Edaran Bupati Tana Toraja tentang Gerakan menanam sayur, cabe, dan toga (tanaman obat keluarga) dengan memanfaatkan bahan plastik bekas kemasan di lingkungan sekolah dan tentang Gerakan Jumat Bersih untuk mewujudkan Budaya Bersih.


Penulis     : Natha
Editor       : Redaksi