Home Politik Maksimalkan Kinerja Panwascam, Bawaslu Toraja Utara Gelar Pelatihan Tata Naskah dan Kearsipan serta Kehumasan

Maksimalkan Kinerja Panwascam, Bawaslu Toraja Utara Gelar Pelatihan Tata Naskah dan Kearsipan serta Kehumasan

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Toraja Utara gelar Pelatihan Tata Naskah dan Kearsipan Serta Kehumasan, bertempat di Toraja Heritage Hotel, Rabu (17/7/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu menghadirkan Pemateri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  kepala Bagian Umum Pemda Toraja Utara yang dihadiri 21 ketua Panwascam se-Kabupaten Toraja Utara didampingi masing-masing 1 staf bagian SDM.

Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan materi bagaimana tata cara pengelolaan naskah, arsip dan kehumasan yang baik dan benar.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, fungsi surat-menyurat teman-teman Panwaslu sendiri diharapkan bisa maksimal serta tertata dengan baik sesuai dengan peraturan Bawaslu," kata ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting kepada usai membuka kegiatan.

Selain itu kata Brikken, kegiatan tersebut merupakan sarana korespondensi dimana tujuan dari kegiatan tersebut untuk memaksimalkan pengawas Adhoc di tingkat kecamatan bisa memiliki kemampuan khususnya dalam menjalankan tugasnya

Brikken berharap dengan adanya pelatihan tersebut minimal bisa menambah kemampuan Panwascam dalam pengelolan Naskah, Kearsipan maupun Kehumasan.

"Termasuk Kehumasan, disini mereka diajari bagaimana mengelola media sosial sebagai sarana informasi, juga bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat," jelas Brikken.

Sementara itu, narasumber dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan, Berti Matasik yang juga merupakan demisioner Panwaslu mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan khusunya bagian kearsipan diharapkan bisa memberikan pengetahuan bagaimana peneglolaan Arsip yang baik dan benar.

"Khususnya teman-teman Panwascam kan pasti memiliki dokumen-dokumen yang pending, sehingga dengan adanya pelatihan seperti ini bisa menambah pengetahuan bagaimana menjaga dokumen tersebut tetap aman, harus ditata rapi jangan disimpan sembarangan," ujar Berti Matasak.


Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi