Home Organisasi Maknai HUT RI ke 79, GMKI Cabang Tana Toraja Kerja Bakti Bersihkan Objek Wisata Sarira

Maknai HUT RI ke 79, GMKI Cabang Tana Toraja Kerja Bakti Bersihkan Objek Wisata Sarira

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tana Toraja melaksanakan bakti sosial di objek wisata Buntu Sarira, kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja (17/08/2024).

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik indonesia (RI) ke-79, GMKI Cab. Tana Toraja melaksanakan kegiatan bakti sosial sejak tanggal 16 -17 Agustus 2024 dan puncak kegiatan melaksanakan upacara bendera.

Ketua BPC GMKI Cabang Tana Toraja, Nopen Kessu mengatakan peringatan kemerdekaan ini menjadi momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan komitmen dalam membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan.

"Hari ini, 79 tahun yang lalu, proklamasi kemerdekaan dikumandangkan, menandai lahirnya bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Momen ini menjadi tonggak sejarah yang tak hanya membebaskan kita dari penjajahan tetapi juga menanamkan semangat untuk membangun negara yang adil dan makmur sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa," kata Nopen Kessu usai melaksanakan kegiatan.

Nopen Kessu juga mengajak setiap stakeholder untuk ikut terlibat bagaimana pentingnya  merenungkan kembali makna kemerdekaan dari berbagai aspek kehidupan sebagai wujud tugas dan tanggung.

"Pada peringatan kemerdekaan kali ini, saya mengajak kita semua untuk merenungkan kembali makna kemerdekaan. Kemerdekaan bukan hanya bebas dari penjajahan, tetapi juga merdeka dalam segala aspek kehidupan seperti merdeka dari kemiskinan, kebodohan, ketidakadilan, ketidakbenaran dan segala bentuk ketertinggalan," ujar Nopen.

"Inilah tugas kita bersama untuk terus memperjuangkan kemerdekaan yang sejati," lanjutnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Ketua Bidang Aksi dan pelayanan Imanuel Taulangi mengatakan pentingnya menjaga dan merawat kemerdekaan ini dengan penuh tanggung jawab.

"Dalam 79 tahun perjalanan menjaga bangsa ini. Kita diperhadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari perjuangan mempertahankan kemerdekaan, mengatasi krisis, hingga menghadapi perubahan global yang begitu cepat," ujar Imanuel.

"Berkat persatuan dan kerja keras seluruh rakyat Indonesia, kita berhasil melewati berbagai ujian tersebut dengan baik. Olehnya itu, mari kita bergandengan tangan dalam mempertahankan kemerdekaan ini," pungkas Imanuel.


Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi