Home Daerah Lomba Mancing HUT Korps Marinir ke-76 di Uluway, Masyarakat Harap Kedepan Uluway Diperhatikan Pemerintah

Lomba Mancing HUT Korps Marinir ke-76 di Uluway, Masyarakat Harap Kedepan Uluway Diperhatikan Pemerintah

lewat kegiatan tersebut Pemerintah dan masyarakat Lembang Uluway berharap adanya perhatian dari pemerintah terkait infrastruktur jalan yang ada di Lembang Uluway.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir ke-76 Tahun 2021 Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Lembang Uluway menggelar Lomba Mancing, di Lembang Uluway, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sabtu (13/11/2021).

Mancing tersebut diikuti sekitar 170 pemancing yang berasal dari berbagi daerah, seperti Makassar, Enrekang, Mamuju, Sindrap, Enrekang, Pare-Pare, Palopo dan daerah lainya. 

Kegiatan yang bertajuk "Dulang Fishing Tournamen" tersebut, dihadiri langsung Danyonmarhanlan VI Makassar Letkol Marinir Gigi Catur Pramono sekaligus membuka secara resmi Lomba Mancing dengan melempar pancing secara simbolis, didampingi Bupati Tana Toraja yang di Wakili Camat Mengkendek Julius S. Sampelino. 

Dalam sambutannya Danyonmarhanlan VI Makassar Letkol Marinir Gigi Catur Pramono menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian untuk memeriahkan HUT Korps Marinir ke 76 Tahun 2021 dan untuk lebih mendekatkan Korps Marinir terhadap masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Tana Toraja dengan memperebutkan total hadiah sebesar 38 juta rupiah, tropi, sertifikat serta berbagai macam hadiah hiburan.

Sementara itu, ketua panita Bassrul Malinggi mengatakan, selain memperingati HUT Korps Marinir kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Desa (Lembang) Uluway yang memiliki banyak potensi wisata. 

"Selain memperingati HUT Korps Marinir, kegiatan ini juga memperkenalkan Lembang Uluwai yang sebelumnya mungkin orang belum kenal, supaya banyak orang yang berkunjung kesini, karena di Lembang Uluway ini banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan," kata Bassrul kepada media Repliknews, Minggu (14/11/2021). 

Dikatan juga Bassrul bahwa, lewat kegiatan tersebut Pemerintah dan masyarakat Lembang Uluway berharap adanya perhatian dari pemerintah terkait infrastruktur jalan yang ada di Lembang Uluway. 

"Akses jalan kesini kan belum bagus jadi Pemerintah dan masyarakat Uluwai sangat berharap kiranya ada perhatian dari pemerintah Daerah maupun Pusat terkait akses jalan ini," harapnya. 

Kedepan, kata Bassrul, Uluawy sendiri akan menawarkan wisata dengan konsep yang berbeda. 

"Toraja kan identik dengan Wisata Adat yaitu Rambu Solo' atau Pesta Kematian, na Uluway ini menawarkan alternatif wisata yang lain yaitu Camping Drawn jadi orang datang camping sambil memancing, jadi itu rencana kita kedepan," tandasnya.

Selain lomba mancing dalam memeriahkan HUT Korps Marinir, Yonmarhanlan VI Makassar juga melaksanakan berbagai kegiatan antara lain Bakti sosial ke Warakawuri, Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palopo serta Doa bersama di Mako Batalyon.

Untuk diketahui, sebagai pemenang Juara 1 diperoleh Imang Noghe yang berhasil mengangkat ikan mas seberat 3,015 Kg dan berhak mendapatkan hadiah uang 10 juta rupiah, piagam dan souvenir. 

Kemudian, Juara ke 2 diraih Haji Sulihin dengan berat ikan mas 2,090 Kg berhak mendapatkan hadiah uang tunai 7 juta rupiah, piagam dan souvenir, 

Selanjutnua, juara ke 3 diraih oleh bapak Neyjer dengan berat 1,595 Kg dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai 4 juta rupiah, piagam dan souvenir Marinir, serta banyak hadiah hiburan lainnya. 

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. (*/Hayrul)