Home Daerah Lagi, 2 Korban Meninggal Akibat Pohon Tumbang di Tana Toraja

Lagi, 2 Korban Meninggal Akibat Pohon Tumbang di Tana Toraja

Lagi, pohon tumbang merenggut nyawa karyawan Penyadapan Getah Pinus PT. Kencana Hijau Bina Lestari (PT KHBL), yang beralamat di Lembang Sendana, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Akibat cuaca buruk menyebabkan pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di beberapa wilayah di Tana Toraja, bahkan sampai menelan korban jiwa. 

Lagi, pohon tumbang merenggut nyawa karyawan Penyadapan Getah Pinus PT. Kencana Hijau Bina Lestari (PT KHBL), yang beralamat di Lembang Sendana, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Selasa, (16/11/2021). 

Kedua korban yaitu Yohanis Tanggaran alias Papa Ela (45), warga Desa Sibanawa, Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa, dan Darius Tappi' (54), warga Desa Sibanawa, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Humas Polres Tana Toraja, Personil Polsek Saluputti yang dipimpin oleh Kapolsek Saluputti IPTU Sette Marrung, SH, langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) penemuan mayat tersebut. 

Berdasarkan keterangan saksi yakni Kahar (22) dan Habidin (50), penemuan mayat tersebut bermula ketika mereka sedang melakukan survey lokasi dan survey getah pinus lama. 

"Tiba - tiba kami melihat pondok yang berada dalam hutan pinus tertimpa pohon dan kami (Kahar dan Habidin) melihat terdapat kaki manusia dan setelah kami cek ditemukan 2 (dua) orang yang tertimpa pohon pinus dalam pondok dan kedua koban dalam keadaan sudah meninggal dunia," katanya. 

Selanjutnya, setelah melihat kejadian tersebut kedua saksi melaporkan kejadian tersebut ke pihak Perusahaan dan kemudian dilaporkan ke pihak Polsek Saluputti. 

Polsek Saluputti usai menerima laporan tersebut langsung bergegas mendatangi TKP. 

Selang beberapa waktu kedua korban berhasil dievakusi dari dalam hutan oleh personil Polsek Saluputti bersama warga dengan cara ditandu.

Selanjutnya, kedua korban dibawa ke Puskesmas Ulusalu, untuk dilakukan Visum (Pemeriksaan Luar) oleh Medis, dari hasil pemeriksaan kedua korban mengalami luka terbuka pada bagian kepala selebar 20 cm dan tempurung kepala remuk. 

Kedua korban sudah di serahkan ke pihak keluarga. Pihak keluarga korban menerima dengan ikhlas atas bencana tersebut. 

Tambahan informasi, untuk diketahui dihari yang sama, bertempat di jalan poros Rantepao-Makale, Mendetek, Kelurahan Tambunan, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja. Pohon tumbang juga menimpah Minibus "Pete-Pete," mengakibatkan 1 (satu) orang meninggal dunia. (*/Iga)