Home Politik Koalisi Besar vs Kekuatan Besar di Pilkada Tana Toraja 2024

Koalisi Besar vs Kekuatan Besar di Pilkada Tana Toraja 2024

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Koalisi Besar vs Kekuatan Besar bakal memeriahkan kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja periode 2024-2029. Dimana Pilkada tahun ini diikuti oleh dua kandidat yakni Zadrak Tombeg-Erianto Laso' Paundanan vs Victor Datuan Batara-John Diplomasi. Dua pasang kandidat ini memiliki massa dan militan yang sama-sama kuat.

Menariknya, pasangan Zadrak Tombeg-Erianto Laso' Paundanan didukung oleh koalisi partai yang cukup banyak, yakni 6 partai. Sedangkan pasangan Victor Datuan Batara-John Diplomasi hanya didukung 5 partai.

Meski hanya didukung beberapa partai, pasangan Victor Datuan Batara-John Diplomasi (VISI) tetap optimis bisa memenangkan Pilkada Tator karena didukung kekuatan besar.

Hal itu tersebut dikatakan salah satu koordinator tim pemenangan VISI, Gamal Mangesa. Menurut Gamal, ada beberapa tokoh yang sudah menyatakan sikap siap memenangkan pasangan Victor-John di Pilkada Tana Toraja.

"Kita optimis menang, kita punya dukungan dari sejumlah tokoh yang luar biasa. Seperti mantan Bupati Tana Toraja, bapak Nicodemus Biringkanae, bapak Darma Lelepadang, ada Benidiktus Papa, kemudian pak Tato' Kamba, semuanya sudah menyatakan sikap siap memenangkan pasangan VISI," jelas Gamal Mangesa, Selasa (3/9/2024).

Apalagi soal Geopolitik kata Gamal, pasangan VISI sangat pas, dimana Victor Datuan Batara merupakan orang Tallu Lembangna, John Diplomasi orang Toraja barat, selain itu, John Diplomasi dan Nicodemus Biringkanae adalah tokoh dari Toraja Barat.

"Terbukti ketika hari kamis tanggal 31 September lalu ketika pak Nico Biringkanae dan Darma Lelepadang mengundang beberapa tokoh dan masyarakat dari Rembon, Balepe', Malimbong dan Saluputti di Parappo hadir di kediaman beliau. Begitu banyak yang datang mendengarkan arahan dari bapak Nicodemus beliau mengajak dan menentukan bersikap untuk bahu membahu mendukung VDB-JD. Tentu ini menambah semangat dan keyakinan team VISI," ungkap mantan jendral lapangan THEZA, Gamal Mangesa.

Menurut Gamal, meski berhadapan pasangan dengan koalisi besar, sang jendral lapangan handal itu menyebut jika pasangan VISI juga memiliki "Kekuatan Besar" untuk memenangkan kontestasi Pilkada 27 November 2024 mendatang.

'Kita optimis dan yakin bisa memang, meski melawan "Koalisi Besar", tapi VISI juga memiliki orang-orang hebat yang didalamnya ada "Kekuatan Besar", pungkas Gamal Mangesa.

Diketahui, pasangan Victor Datuan Batara-John Diplomasi diusung oleh 5 partai yakni, Partai Golkar, Demokrat, PSI, PAN dan PKB dengan total 11 kursi.

Sedangkan pasangan Zadrak Tombeg-Erianto Laso' Paundanan diusung oleh 6 pertai yakni, Gerindra, Nasdem, PDIP, Hanura, Perindo dan Gelora dengan total 19 Kursi

Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi