Home Pendidikan KKNT UKI Toraja Ajak Pelaku UMKM di Lembang Kole Barebatu Tingkatkan Produksi Kerajinan Tangan

KKNT UKI Toraja Ajak Pelaku UMKM di Lembang Kole Barebatu Tingkatkan Produksi Kerajinan Tangan

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Mahasiswa KKNT UKI Toraja selenggarakan pendampingan produk usaha masayarakat di lembang Kole Barebatu, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, Selasa (20/8/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk sharing seasion terkait potensi dan masalah yang dihadapi pelaku UMKM di Lembang Kole Barebatu.

Dengan menghadirkan pembicara dari Rumah kreatif BUMN Tana Toraja Jems, Kepala Lembang Kole Barebatu Agustinus Kala Lintin, dan diikuti oleh puluhan masayarakat selaku UMKM yang ada di Lembang Kole Barebatu.

Koordinator KKN-T UKI Toraja Lembang Kole Barebatu, Imanuel mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan gairah masyarakat pelaku UMKM produk lokal agar menekuni keahlian mereka dalam menciptakan produk kerajinan tangan.

"Kami melihat ada begitu banyak peluang wirausaha di Lembang Kole Barebatu secara khusus dalam pengembangan beberapa produk lokal seperti tenun, manik-manik dan anyaman niru," kata Imanuel kepada REPLIKNEWS.

"Sehingga kami berharap melalui kegiatan  ini dapat mengubah mindset masyarakat kedepan untuk bisa terampil sehingga menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan," sambungnya.

Sementara itu, ketua Rumah Kreatif (KR) Tana Toraja Jems mengungkapkan jika pelaku UMKN yang ada di Tana Toraja, khususya di lembang Kole Barebatu sangat berpeluang untuk memasarkan produk-produk lokal yang mereka dengan nilai yang fantastis.

"Iya, kita mendorong agar usaha-usaha yang telah berjalan di Lembang Kole Barebatu khususnya hasil dari tangan-tangan terampill seperti produk tenun, anyaman niru dan manik-manik tetap berlanjut dan harus ditingkatkan serta dikelola dengan baik," ungkap Jems.Pada kesempatan yang sama, Kepala Lembang Kole Barebatu menyampaikan kegiatan ini menjadi tonggak awal untuk kebangkitan produk kerajinan yang menjadi mitra usaha untuk mengakses pemasaran produk masyarakat kedepan.

"Kami berharap kepada Rumah Kreatif BUMN Tana Toraja untuk terus memberikan pendampingan berkala terutama pemasaran dan pengelolaan manajemen usaha kepada pelaku UMKM di Lembang Kole Barebatu sehingga potensi usaha yang dimiliki masyarakat terus berkembang," tutur Kala Lintin

Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi