Home Organisasi Jelang Pilkada, PMKRI dan GMKI Cabang Makassar Gelar Seminar Kebangsaan

Jelang Pilkada, PMKRI dan GMKI Cabang Makassar Gelar Seminar Kebangsaan

REPLIKNEWS, MAKASSAR - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cab. Makassar berkolaborasi dengan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cab. Makassar menggelar seminar kebangsaan dengan tema "Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Pasca Pemilu dan Menyambut Pilkada" bertempat di Villa Wisata Kamber, Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu (20/4/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh beberapa narasumber yaitu, Walikota Makassar Bapak Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Dr. Mohammad Ngajib, S.IK., M.H., Ketua Komisi Kerawam KAMS R.D Albert Arina, Ketua FKUB Kota Makassar Prof. Dr. H. Arifuddin Ahmad, M.Ag, Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Jefri Edi Irawan Gultom, dan Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Tri Natalia Urada.

Dalam pembahasan tema tersebut mencolok kepada bagaimana peran pemuda dalam menjaga kerukunan antara umat beragama dan juga bagaimana pemuda bisa untuk mengawal pesta demokrasi yang akan di hadapi dalam waktu dekat yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Wali Kota Makassar dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dengan adanya kegiatan ini, dimana pemuda GMKI dan PMKRI dapat menambah wawasan antar umat beragama.

"Saya secara pribadi sangat mendukung kegiatan seperti karena selain menambah wawasan juga mempererat hubungan antar umat beragama," ujar Ramdhan Pomanto dalam sambutannya.

"Saya berharapa PMKRI dan GMKI cabang Makassar bisa mempertahankan dan menjaga kekompakan seperti ini," lanjut Ramdhan Pomanto.

Sementara itu, ketua presidium PMKRI cabang Makassar, Dawita Rama mengungkapkan bahwa kegiatan kolaborasi tersebut sudah beberapa kali dilaksanakan.

"Kami (PMKRI dan GMKI) selalu berkolaborasi dalam kegiatan sosial salah satunya aksi donor darah yang dilaksanakan beberapa bulan lalu dan kemudian dilanjutkan ibadah paskah bersama GMKI dan PMKRI," kata Dawita Rama.

Setelah seminar ini kata Dawita, akan dilanjutkan dengan acara sharing session bersama dengan senior PMKRI dan juga senior GMKI. Kemudian besok akam melakukan ibadah paskah bersama dan setelah itu akan di lanjutkan acara puncak kolaborasi ini yaitu Outbound.

"Harapan saya setelah kegiatan kolaborasi ini berakhir bisa memberikan dampak positif bagi PMKRI dan GMKI. Kemudian rangkaian berikutnya boleh kita kolaborasikan terlebih khusus di Kota Makassar, untuk bagaimana kemudian menjaga keamanan yang melibatkan PMKRI dan GMKI," imbuhnya.

Senada, ketua GMKI cabang Makassar, M. Vicky R.F berharap bagaimana untuk saling menjaga kerukunan tidak hanya dalam lingkup organisasi melainkan dalam lingkup masyarakat terkhususnya di kota Makassar.

"Kita berharap kolaborasi ini bisa terjaga dan terpelihara dengan baik, baik dilingkup organisasi, masyarakat maupun disemua kalangan khususnya di Kota Makassar," pungkas Vicky.

Penulis    : Yedidya Eka Putra
Editor      : Redaksi