Home Nasional Ingin Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia,  Mentan Harap Perguruan Tinggi Dorong Kemajuan Sektor Pertanian

Ingin Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia,  Mentan Harap Perguruan Tinggi Dorong Kemajuan Sektor Pertanian

Doc: Humas UNHAS

REPLIKNEWS-BULUKUMBA - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia A. Amran Sulaiman menyebut saat ini Indonesia terus berupaya memajukan sektor pertanian sebagai langkah strategis menjadikan Indonesia sebagai salah satu lumbung pangan dunia.

Hal ini ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bihalal sivitas akademika Unhas di Ballroom Hotel Unhas, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (16/04).

"Mendorong kemajuan Indonesia di sektor pertanian salah satunya menjadi lumbung pangan dunia," ujarnya.

Untuk itu mendukung harapan tersebut, ia mendorong agar Perguruan Tinggi dapat berperan aktif memajukan sektor pertanian.

Selain itu, Amran juga menambahkan upaya transformasi pembangunan pertanian modern yang sistematis. Secara perlahan, dilakukan pengembangan pertanian konvensional menuju pertanian modern. Pemanfaatan pertanian modern nantinya akan memperbaiki penggunaan irigasi modern mikro yang dapat menghemat air dan meningkatkan produktivitas sekaligus beberapa keunggulan lainnya.

“Apa yang akan kita lakukan ke depan untuk Indonesia tidak bisa berdiri tegak tanpa dukungan seluruh pihak termasuk perguruan tinggi. Kita mengharapkan kedepannya Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia,” pungkas Amran. (Awal)