Home Pendidikan Gelar Expo Produk KKNT, Mahasiswa IAKN Toraja Promosikan Kerajinan Tangan

Gelar Expo Produk KKNT, Mahasiswa IAKN Toraja Promosikan Kerajinan Tangan

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja gelar Expo produk KKN-T di Pasar Seni Makale, Tana Toraja, Senin (12/08/2024).

Kegiatan Expo produk KKN-T mengusung tema "Implementasi moderasi beragam melalui KKN tematik" dan dihadiri 632 Mahasiswa KKN-T yang telah dibagi dalam 4 (empat) kabupaten yakni kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, Mamasa, Luwu dan terdiri dari 50 kelompok/posko.

Menurut Rektor IAKN, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan tangan setiap mahasiswa yang telah melaksanakan KKN.

"Ini kegiatan Expo dari setiap Lembang tempat dimana Mahasiswa melaksanakan KKN-T, ini juga merupakan upaya untuk menguprgrade suatu prodak yang berasal dari Lembang sehingga dapat mempublikasikan kekayaan-kekayaan intelektual dari berbagai produk yang dihasilkan masyarakat. Selain itu mahasiswa diajak untuk berkreasi di masyarakat," kata Rektor IAKN Toraja, Dr. Agustinus Ruben kepada REPLIKNEWS usai kegiatan.

Rektor IAKN Toraja Agustinus Ruben juga mengatakan kegiatan Expo Produk telah dilaksanakan sebanyak dua kali oleh IAKN Toraja  dan akan terus dilakukan kedepannya.

"Ini kegiatan yang kedua yah, untuk Expo dan kedepannya kegiatan expo seperti ini akan terus dilaksanakan," jelas Agustinus.

Dalam kegiatan expo tersebut kata Aguatinus, ada salah satu produk masyarakat yang sangat bagus dimana pembuatan sari minuman yang mereka kelola dari daun kopi yang dicampur dengan max creamer sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan itu sangat inovatif," kata Agustinus Ruben.

Sementara itu, ketua panitia Dr. Syani Bombongan mengatakan Expo kali ini dibuat dalam 2 (dua) bentuk yakni On-site dimana produk-produk yang langsung mereka tampilkan disini. Kemudian secara online dimana hasil dari KKN-T mereka seperti pembuatan kerajinan yang di video cara pembuatannya. 

"Yang dibuat dalam bentuk video tersebut jika ada hasil alam atau sesuatu hal yang menarik, semisal keindahan alam yang dapat dinikmati oleh masyarakat setempat atau masyarakat luar," tutur Syani Bombongan.

Syani berharap apa yang menjadi hasil produk dari masyarakat boleh ditindak-lanjuti oleh pemerintah terutama dalam pengembangan sumber ekonomi masyarakat.

"Produk-produk yang telah dihasilkan oleh anak KKN-T boleh ditindak-lanjuti oleh pemerintah, sehingga nantinya apa yang ada di masyarakat itu bisa dikenal dan bisa diperjual-belikan untuk pengembangan ekonomi masyarakat," pungkas Syani Bombongan.

Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi