Home Politik Diskusi GMNI Cabang Toraja Utara dengan Ketua KPU Toraja Utara

Diskusi GMNI Cabang Toraja Utara dengan Ketua KPU Toraja Utara

GMNI Cabang Toraja Melakukan Diskusi dengan Ketua KPU Toraja

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Dalam menyambut pesta Demokrasi Tahun 2024 GMNI Cabang Toraja Melakukan Diskusi dengan Ketua KPU Toraja dengan tema pemilu dalam perspektif Pancasila yang di laksanakan di halaman PT. Sulo, Rantepao, Toraja Utara, Senin (07/11/2022).

Dalam kesempatan kali  ini turut hadir Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara Bonie Freedom, Ketua DPD GMNI Suleawesi Selatan Ryanto Pratama, Dan Ketua GMNI Cabang Toraja Jesica Sari Putri. 

Dalam diskusi tersebut membahas beberapa hal mengenai tahapan-tahapan pemilihan dan peran aktif pemuda dalam mendukung penyelenggara dalam mensukseskan Proses pemilihan umum.

Keta KPU Kabupaten Toraja Utara mendorong Pemuda khususnya kader GMNI untuk membantu mengedukasi masyarakat khusunya kasus - kasus yang akan mencederai Berlangsungnya pesta Demokrasi. 

Untuk kontestasi Pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan baik, aman dan bermartabat dan dikatakan berhasil jika proses dan hasilnya bisa berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Melalui momentum kegiatan GMNI Toraja Utara yang bertema Pemilu Dalam Perspektif Pancasila saya berharap agar kader GMNI Toraja Utara bisa berperan aktif mengawal setiap tahapan pada Pemilu 2024 termasuk melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan kepemiluan serta turut membantu penyelenggara Pemilu dalam mengedukasi masyarakat dan menumbuhkan kesadaran politik masyarakat secara khusus terhadap hal-hal yang bisa mencederai Pemilu seperti masalah hoaks, black campaign, isu SARA dan politik uang". Ungkap Ketua KPU Toraja Utara 

Lebih lanjut beliau menghimbau khususnya kepada.pemilih milenial agar turut mengambil bagian dalam kontestasi pemilihan 2024 dengan memberikan hak politik mereka.

"Harapan saya terhadap Pemilih milenial dalam perhelatan Pemilu 2024 agar dapat memberikan kepedulian terhadap setiap tahapan Pemilu yang di laksanakan oleh penyelenggara Pemilu dengan turut berpartisipasi aktif menggunakan hak politik dalam Pemilu apalagi di era digitalisasi sekarang ini peran generasi milenial sangat dibutuhkan untuk memberikan sumbangsi yang berdampak pada Pemilu yang berintegritas dan bermartabat", ujarnya.

Lanjutnya,"Saya meyakini bahwa generasi milenial yang melek politik tentu akan mampu memberikan edukasi dan pemahaman berpolitik yang baik kepada masyarakat, jika penyelenggaraan Pemilu ini kita pijakkan pada nilai-nilai Pancasila tentu Penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu dan Masyarakat akan mampu menguasai dan menjaga diri untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mencederai demokrasi" Kata Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom.

"Jadilah Pemilih yang berdaulat demi Negara yang kuat",Pangkas Bonnie Freedom

Senada dengan Ketua KPU Ketua DPD GMNI Sul Sel Ryanto Pratama mendorong kader kader GMNI Untuk ikut Mensukseskan Pemilihan umum 2024

"Harapan saya bahwa masyarakat membutuhkan imajinasi Pancasila dalam pemilu nantinya agar nilai-nilai pancasila itu menjadi landasan atau acuan berdemokrasi masyarakat Toraja baik yang memilih maupun yang dipilih, dan perasan Pancasila yaitu Trisila yang salah satu silanya adalah Sosial Demokrasi dapat berlangsung secara evolusioner untuk mencapai Toraja yang masyarakatnya sejaterah, melalui seleksi yang ketat dari para peserta pemilu dalam mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk mengikuti kontestasi penting ini"
Ungkap Ryanto Pratama

Diskusi tentang pemilu dalam perspektif Pancasila adalah dalam rangka melihat sejauh mana demokrasi Indonesia berjalan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Saya berharap KPU dan GMNI dapat bersinergi dalam membangun Demokrasi yang sehat demi kemasalahatan masyarakat", tutup
Ketua DPC GMNI Toraja Utara Jessica Sari Putri"

Penulis  : Arnol
Editor    : Iga