Home Olahraga Berlangsung Dua Hari, Lakipadada Open Road Race Sukses Hibur Ribuan Masyarakat Toraja

Berlangsung Dua Hari, Lakipadada Open Road Race Sukses Hibur Ribuan Masyarakat Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Lakipadada Open Road Race sebagai kegiatan pembuka Event Lovely December 2023 yang berlangsung selama dua hari 2-3 Desember di sirkuit Bandara Pongtiku, Rantetayo sukses digelar.

Lomba balapan motor tersebut Berjalan dan sukses digelar tentu tak lepas dari dukungan dan support dari berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun sponsor dan donatur.

"Terima kasih kepada pemerintah yang sangat mendukung kegiatan ini, para sponsor dan donatur yang boleh mengambil bagian sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar. Kita berharap kedepannya kita bisa melaksanakan kejuaraan Road Race dalam Kejurda dan kiranya pemerintah lebih mendukung dan kita juga berharap sirkuit ini (Bandara Pongtiku Rantetayo) bisa jadi sirkuit permanen," kata   Yoelnard Ato’ Tulungallo kepada REPLIKNEWS usai kegiatan, Minggu (3/12/2023) malam.

Ketua panitia pelaksana Lakipadada Open Road Race Ato' mengatakan bahwa gelaran lomba motor tersebut sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat para penggemar olahraga otomotif untuk berkompetisi secara sehat, jujur dan sportif khususnya yang ada di Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara).

"Selain bagian dari promosi wisata, juga bertujuan untuk mensukseska program Polri sebagai pelopor keselamatan di jalan raya. Daripada mereka balapan liar dijalan raya, kan bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Tapi kalau disini semua rider itu wajib dilengkapi pakaian yang safety sebelum turun ke sirkuit, jadi kita pastikan tidak terlalu berbahaya jika terjadi kecelakaan, kalaupun ada kejadian seperti jatuh itu kan sudah jadi hal biasa bagi seorang pembalap," jelas Ato.

Ditambahkan Ato bahwa selama dua hari pelaksanaan kegiatan Lakipadada Open Road Race dihadiri ribuan masyarakat yang datang menyaksikan lomba balapan motor karena hampir 12 tahun Road Race tidak dilaksanakan di Toraja.

"Kalau pengunjung mungkin diatas seribuan, karean ada yang lokal ada juga yang datang dari luar, karena memang banyak orang yang menantikan event seperti ini," kata Ato'

"Kita juga bersyukur dengan adanya event road race ini bisa menambah penghasilan pelaku UMKM, karena banyak yang berjualan disekitar lokasi," pungkasnya.

Diketahui Lakipadada Open Road Race memperlombakan 4 kelas yakni, Kelas Utara terdiri dari 3 kategori, Kelas Sporting Open terdiri dari 8 kategori. 

Kemudian, Kelas Lokal Luwu Raya - Enrekang - Toraja terdiri dari 5 kategori dan Kelas Lokal Toraja terdiri dari 5 kategori.

 

Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi