Home Daerah Antisipasi Penyebaran DBD, Dinkes Tator Lakukan Fogging

Antisipasi Penyebaran DBD, Dinkes Tator Lakukan Fogging

Fogging sendiri dilakukan untuk membunuh sebagian besar vektor infektif dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dalam mengantisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan fogging di Pa'pakandean, Kelurahan Tondon Mamullu, Kecamatan Makale Tana Toraja. Jumat (19/11/2021). 

Dua mesin fogging dikerahkan untuk menyisir rumah warga, lorong, got serta tempat yang dianggap menjadi sarang nyamuk di wilayah tersebut. 

Fogging sendiri dilakukan untuk membunuh sebagian besar vektor infektif dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan. 

Darwis, dari Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Tator, saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, fogging tersebut dilakukan karena adanya laporan dari pihak terkait, di lokasi tersebut ada kasus DBD. 

"Berdasarkan laporan dari Puskesmas dan Rumah Sakit disini ada kasus satu, makanya kita lakukan Fogging dua ratus meter dari tempat kasus," katanya. 

Dikatakan juga Darwin, bahwa Fogging sendiri sudah berapa kali dilakukan di beberapa wilayah di Tana Toraja yang memiliki kasus DBD. 

"Fogging untuk membasmi nyamuknya (Vektornya), kemarin sudah beberapa kali kita lakukan di beberapa wilayah, yang penting ada kasusnya," pungkas Darwin yang langsung memimpin kegiatan tersebut. 

Darwin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tana Toraja, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari sarang nyamuk. 

"Dalam menyambut musim hujan ini, peran serta masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk, contoh genangan air di pot-pot bunga, dan pembersihan-pembersihan genangan air lainya ," himbaunya. (Iga)