Home Daerah AMAN Toraya Bekali Pemuda Adat Pendidikan Politik

AMAN Toraya Bekali Pemuda Adat Pendidikan Politik

AMAN Toraya Bekali Pemuda Adat Pendidikan Politik

REPLIKNEWS, TORAJA - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Toraya melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat adat. 

Pendikan politik ini difokuskan AMAN Toraya kepada pemuda adat dari 32 wikayah adat yang ada di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan di rumah AMAN Toraya bertempat di Rantelemo, Kecamatan Makale Utara berlangung selama 2 hari yakni 30 November dan 1 Desember 2023.

Para pemuda adat tampak antusias mengikuti kegiatan yang dibalut dalam diskusi, mereka aktif memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang disajikan Ketua AMAN Toraya Romba Marannu Sombolinggi dan Ketua Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Toraya, Aldio Parante. 

Ketua AMAN Toraya, Romba Marannu Sombolinggi mengatakan, pendidikan politik ini bukan hanya untuk kepentingan politik praktis tapi juga berkaitan dengan keputusan politik dan juga produk hukum yang melindungi hak-hak masyarakat adat. "Jangan teman-teman menganggap bahwa pendidikan politik ini hanya untuk kepentingan politik praktis tapi bagaimana proses pengambilan keputusan politik dalam masyarakat dan juga bagaimana teman-teman bersikap nantinya terkait dengan situasi politik di wilayah adat masing-masing," terang Romba Marannu. 

"Entah itu bagaimana mengambil tindakan dalam mempertahankan wilayah adatnya, maka dari itu kita mendorong pemuda untuk bangkit bersatu bergerak mengurus wilayah adat," sambung Romba Marannu. Ketua BPAN Toraya, Aldio Parante mengatakan pemuda adat harus pekah dengan situasi politik dan pergeseran-pergeseran kontitusi. 

"Kenapa kita berfokus di pemudah karena kita menganggap bahwa pemudah ini adala regenerasi, merekalah yang akan meneruskan tonggak kepemimpinan di setiap wilayah adatnya dan juga kita menganggap bahwa dengan pelatihan ini pemuda lebih pekah terhadap setiap pergeseran-pergeseran konstitusi", ungkap Aldio. 

Sementara salah satu peserta, Nobertus Sari Mendila merespon baik kegiatan yang dilaksanakan AMAN Toraya ini.

"Bagi saya pribadi bagaimana kita langsung mengaplikasikan apa yang telah di dapatkan mengenai kesepahaman tentang politik saat ini yang sangat memprihatinkan," terangnya. 

Menurutnya, langkah awal yang perlu diambil yaitu dimulai dari diri sendiri dan lingkungan paling kecil.

"Kita mulai dari diri kita kemudian keluarga dan orang orang terdekat," kata Nobertus. 

Usai pendidikan politik, kegiatan ini dilanjudkan dengan pengukuhan anggota baru BPAN Toraya. 

Penulis    : Iga 
Editor      : Redaksi