Home Daerah Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Toraja Peduli Korban Kebakaran di Rumandan, Kec Rano

Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Toraja Peduli Korban Kebakaran di Rumandan, Kec Rano

Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Toraja Peduli Korban Kebakaran Lembang Rumandan Kecamatan Rano

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Musibah kebakaran yang terjadi di Lembang (Desa) Rumandan, Kecamatan Rano, Tana Toraja, beberapa waktu lalu, hanguskan satu unit rumah hingga rata dengan tana.

Menyikapi musibah tersebut, Pemuda dan Mahasiswa di Toraja yang tergabung dalam "Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Toraja Peduli Korban Kebakaran Lembang Rumandan Kecamatan Rano", menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran, Kamis (04/11/2021). 

Adapun organisasi yang bergabung dalam Aliansi tersebut yakni, Himpunan Pemuda Bonggakaradeng Rano (HPBR), Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB), Ikatan Pemuda Lembang Kayuosing (IPLK), Himpunan Mahasiswa Sangmadandanan (HMSM), Himpunan Pelajar Mahasiswa Rembon (HPMR), Himpunan Mahasiswa Rantetayo (HMR), Barisan Muda Toraja (BMT) dan Serikat Pemuda Toraja (SPT).

Bantuan yang di serahkan berupa sembako dan uang tunai senilai Rp 4 juta. 

Bantuan tersebut merupan hasil penggalangan dana yang mereka laksankan yaitu bazar tempat dan aksi turun langsung ke jalan. 

Jendral Lapangan (Jenlap), Diyanto Somba mengatakan, musibah kebakaran itu terjadi saat penghuninya sedang pergi Melayat, sehingga tidak ada barang atau isi rumah yang bisa di selamatkan. 

"Hal inilah yang membuat kami sebagai pemuda dan mahasiswa Toraja menyentuh hati kami menangis dan turut prihatin akan musibah yang melanda salah satu keluarga dan saudara kita yang mengalami musibah tersebut," ujarnya. 

"Sebagai bentuk daripada eksistensinya kami bahwa kami tidak hanya berkoar-koar tentang kebijakan dan penindasan saja, tetapi kami juga bisa membuktikan bahwa kami sebagai pemuda dan mahasiswa Toraja punya jiwa sosial dan rasa kemanusiaan, itu tetap kami tanamkan dalam jiwa kami," Lanjut Jenlap yang juga merupakan Ketua Umum HPBR. 

Diyanto juga mengucapkan terimah kasih banyak kepada organda yang telah bergabung dalam Aliansi tersebut.

"Kita telah membangun kebersamaan dengan baik semogah apa yang telah kita lakukan sebagai bentuk daripada keprihatinan kita akan musibah tersebut dapat meringankan sedikit beban dan kerugian yang di alami oleh keluarga kita, Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua," tutup Jenlap Dyanto Somba. 

Lewat bantuan tersebut, Daud Sinar korban dari musibah kebakaran, mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. 
  
"Terima kasih kepada anak-anak saya dari Pemuda dan Mahasiswa Toraja, yang turut merasakan apa yang kami alami, kami tidak dapat membalasnya satu persatu. Mari kita saling Mendoakan, kiranya Tuhan senantiasa Menyertai dan Memberkati dalam setiap langka kehidupan kita," ucap Daud dengan  terharu.

Diketahui, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. (Iga)