Home Politik Alasan Mengapa VDB - John Lebih Layak Pimpin Tana Toraja

Alasan Mengapa VDB - John Lebih Layak Pimpin Tana Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Masyarakat Tana Toraja kini diperhadapkan dengan dua Pilihan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja periode 2024-2029.

Keduanya adalah paslon Victor Datuan Batara - John Diplomasi (VISI) dan Zadrak Tombeg - Erianto Laso' Paundanan (ZATRIA)

Victor dikenal karena pengalamannya sejak menjabat Kapolres Tana Toraja, kala itu VDB sapaan akrabnya dikenal tegas namun tetap humanis. Setelah pensiun dari Kepolisian RI, Perwira menengah Polri tersebut masuk dunia politik.

Ia pun pernah menjadi anggota DPRD Tana Toraja dan terakhir menjadi Wakil Bupati Tana Toraja mendampingi Nicodemus Biringkanae tahun 2015-2020 lalu.

VDB yang kini menjadi pimpinan PT Malea sekaligus Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja itu dikenal sangat dekat dengan masyarakat.

Tak jarang VDB membantu warga yang berkekurangan. Meskipun banyak tak tersorot media, namun VDB dikenal sangat dekat bahkan menjadi terdepan bagi warga yang mengalami kesusahan seperti bencana alam.

Kepemimpinan VDB bersama Nico pada jamannya kini kembali dikenang, pasalnya pasangan NIVI saat itu banyak melaksanakan pembangunan infrastruktur yang sangat berguna masyarakat.

Kendati VDB tak lagi menjabat, ia masih sangat memperhatikan Tana Toraja. Karena kedekatannya dengan sejumlah Tokoh besar Nasional ia mampu mendatangkan sejumlah bantuan yang nilainya hingga ratusan milliar.

Diantaranya untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan bahkan pendidikan.

"Saya kira kita tidak usah berhitung - hitung dinda, seberapa pun besar saya kira itulah yang kita syukuri dan puji Tuhan kita bisa membangun Tana Toraja," singkat VDB, Jumat (20/9/2024).

Diketahui karena kedekatannya dengan owner PT Malea, yang juga Mantan Wakil Presiden dua periode, VDB mampu menyalurkan fasilitas CSR dari PT Malea untuk pembangunan di Tana Toraja.

"Jadi banyak yang sudah kita dukung untuk pemerintah, semua pasti sudah tahu seperti dukungan ke wisata, kebersihan kota, hingga pengerjaan infrastruktur jalan," tambah VDB.

Diketahui tahun 2024 ini PT Malea telah meningkatkan jalan Poros Makale Selatan - Rano dengan rabat beton dengan kualitas yang sangat bagus. Kini Makale - Rano bisa diakses dalam waktu 40 menit, yang dulunya memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sementara itu, karena kedekatan emosional dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko Tana Toraja pun mendapatkan Puluhan Miliar bantuan untuk Kesehatan dan pendidikan.

"Jadi sebenarnya bantuan yang datang di Toraja ini karena ide - ide dari Pak Victor, beliau ini pangkatnya AKBP tapi Idenya sekelas jenderal," kata Deputi II Kantor Staf Kepresidenan Brigjen TNI (Purn) dr. Noch Mallisa saat meninjau pembangunan generator Oksigen di RS Lakipadada beberapa waktu lalu.

Selain itu, VDB juga dikenal aktif berpartisipasi pada bidang kerohanian. Pria yang beragama Kristen Protestan itu diketahui selalu ringan tangan untuk kepentingan pelayanan.

Sementara itu, John Diplomasi yang dikenal sebagai Tokoh Toraja Barat, Ia adalah mantan orang nomor 1 di KSP BALO'TA Koperasi primer tingkat Nasional terbesar di Indonesia Timur.

John Diplomasi adalah Tokoh penggerak ekonomi kerakyatan. Dari pengalaman yang puluhan tahun Ia geluti, JD sapaan akrab John Diplomasi diharapkan menjadi tokoh yang dapat meningkatkan pembangunan ekonomi di Tana Toraja. Sehingga sangat layak bersanding dengan VDB.

Sementara Rivalnya, Zadrak Tombeg merupakan seorang dokter yang kini juga menjabat wakil Bupati Tana Toraja. Ia berpasangan dengan Erianto Laso' Paundanan yang juga menjabat Kajari Tana Toraja.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka sangat layaklah VDB - Diplomasi (VISI) memimpin Tana Toraja.

Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi