Home Politik Agustinus Pasambe Resmi Daftar Bacaleg Dapil 6 di Partai Gerindra

Agustinus Pasambe Resmi Daftar Bacaleg Dapil 6 di Partai Gerindra

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Ir. Agustinus Pasambe, M.M, resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Tana Toraja 2024 di sekretariat Partai Gerindra Tana Toraja, Sabtu (24/12/2022).

Agustinus Pasambe mendaftarkan diri sebagai Bacaleg dari dapil 6 meliputi Kecamatan Sangalla, Sangalla Utara, Sangalla Selatan dan Makale Utara.

Dengan segudang pengalaman menduduki berbagai posisi dalam karirnya pada beberapa Provensi di Indonesia, kesiapannya pun tak diragukan lagi dalam memperjuangkan aspirasi rakyat jika terpilih. 

Tak main-main, Agustinus Pasambe mendaftar sebagai Bacaleg didampingi langsung keluarga dan massanya. 

Ditemui usai mendaftarkan diri di sekretariat Gerindra Tana Toraja, Agustinus Pasambe mengaku ingin mencalonkan diri berbekal pengalaman dan kerinduanya untuk kembali membangun kampung tercinta. 

"Setelah saya pensiun, Doa saya waktu itu kepada Tuhan jika diberi umur panjang saya akan kembali. Karena begitulah orang Toraja kita harus kembali ke tanah luluhur", kata Agustinus kepada REPLIKNEWS

Ia membeberkan salah satu program yang akan dilakukan jika terpilih yakni memberdayakan anak muda dengan program-program yang ia miliki. 

"Saya bukan tipe yang duduk diam, oleh karena itu jika saya terpilih nanti, pola-pola yang ada sekarang ini sekalipun ada aturan saya kira masih dimungkinkan, yang muda-muda kita ajak keluar mengenal dunia luar. Kita harus mengikuti program yang kita usulkan baik ke Provinsi maupun ke Pusat", terangnya. 

Program yang telah diusulkan menurut Agustinus Pasambe harus dikawal sampai ke pusat tidak hanya sebatas diusulkan. 

"Tidak boleh dikirim begitu saja, harus diikuti karena di Jakarta itu pusat dari segala-galanya, pusat semua orang baik dari daerah-daerah tertinggal maupun yang sudah berkembang disana mereka bekumpul membicarakan program-porogram yang diusulkan pemerintah Daerah", jelasnya. 

Agustinus menyebutkan sinergi antara Legislatif dan Eksekutif harus jalan dalam memperjuankan aspirasi masyarakat. 

"Tidak boleh ada perbedaan antara anggota dewan dan pemerintah, dia harus sinergi dan membangun bersama-sama daerah ini. Orang Toraja harus mampu menjual daerahnya sebagai daerah Pariwisata", pungkas mantan Ketua IKAT Bali 1992 itu.

Karir Agustinus Pasambe :

Semasa berkarir sebagai PNS, Agustinus Pasambe berhasil menduduki sejumlah posisi dengan jabatan sebagai berikut:  

1. Pemimpin proyek pembangunan jalan dan jembatan Nusa Dua-AirPort, Sanur, Provensi Bali (1992). 

2. Pemimpin proyek pemeliharaan jalan dan jembatan Tulungagung, PROV. Jawa Timur (1998). 

3. Pemimpin proyek pembangunan jembatan Provensi Jawa Timur (1999). 

4. Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) peningkatan jalan dan penggantian jembatan Prov. Jawa Timur (2005). 

5. Kepala UPT DPU Binamarga di Jember (meliputi Kab. Jember, Kab. Bondowoso, dan Kab. Situbondo) Prov.Jawa Timur (2010). 

6. Kepala UPT DPU Binamarga di Bojonegoro  (meliputi Kab. Bojonegoro, Kab. Tuban, dan Kabupaten Lamongan) Prov. Jawa Timur (2011). 

7. Kepala bidan perencanaan DPU Binamarga Prov. Jawa Timur (2012). 

Agustinus Pasambe tercatat pensiun T.M.T pada tanggal 1 September 2013 dengan pangkat Pembina Utama Muda (IV/c) yang ditetapkan di Jakarta oleh Presiden Republik Indonesia. 

Agustinus Pasambe juga perna memimpin sejumlah organisasi kemasyarakatan, seperti;
1. Ketua PPGT Jemaat Warakas Jakarta pada tahun 1985.

2. Ketua IKAT Toraja Provinsi Bali pada tahun 1992.

3. Ketua IKAT Siduarjo pada tahun 2001.

Penulis    : Iga
Editor      : Redaksi