Home Daerah UPT Puskesmas Sandabilik Siapkan Jemputan Bagi Masyarakat Tidak Mampu

UPT Puskesmas Sandabilik Siapkan Jemputan Bagi Masyarakat Tidak Mampu

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Upayakan pelayanan kesehatan yang sama bagi semua masyarakat, pihak UPT Puskesmas Sandabilik Makale Selatan berupaya menjangkau kaum rentan. 

Upaya tersebut dilakukan melalui kunjungan ke rumah lansia dan disabilitas, pemberi makanan tambahan balita stunting, pemantauan dan pengawasan konsumsi obat pasien gangguan jiwa.

Tak hanya itu, pihak Puskesmas Sandabilik Makale Selatan juga menyediakan jemputan bagi masyarakat tidak mampu yang membutuhkan perawatan khusus di puskesmas. 

"Kita juga siapkan ambulance siap jemput kalau ada yang tidak mampu," singkat Matius Pangala' 

Matius Pangala', selaku kepala UPT Puskesmas Sandabilik Makale Selatan mengatakan upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan dan pemenuhan hak kesehatan yang sama kepada tiap individu masyarakat. 

"Kasian jika ada orang tua atau saudara-saudara kita yang seharusnya masih bisa sembuh melalui perawatan, lalu karena ketidakmampuan akhirnya terus-terusan berbaring sakit di rumah. Mereka sama dengan kita, sama-sama manusia yang punya hak untuk hidup sehat" tuturnya di tengah-tengah diskusi santai bersama beberapa tokoh masyarakat di kediaman Kepala Lembang Randan Batu, Parerungan, Kamis (15/08/2024) lalu.

Pada kesempatan yang sama, Matius Pangala' juga menekankan pentingnya kerja sama dan keterlibatan semua pihak masyarakat untuk memberi perhatian kepada kaum rentan.

Menurutnya, selain kebijakan pemerintah, kehadiran tokoh-tokoh masyarakat, seperti tokoh agama sangat penting untuk memberikan perhatian kepada kaum rentan. Hal tersebut karena tiap masyarakat merupakan bagian dari kelompok agama tertentu, dan sesama anggota kelompok akan saling memahami satu sama lain. 

"Sama halnya dengan masalah stunting, masalah stunting bukan hanya soal ekonomi dan kesehatan, tetapi juga terkait bagaimana kondisi  psikologis keluarga. Disinilah pentingnya kehadiran tokoh agama, gereja dalam mengayomi tiap anggotanya," imbuh Matius Pangala'.

Penulis    : Nathalia D. Letta
Editor      : Redaksi