Home Daerah Upayahkan Kesejahteraan Petani, Gempita Sulsel Bentuk KUB di Kabupaten Wajo

Upayahkan Kesejahteraan Petani, Gempita Sulsel Bentuk KUB di Kabupaten Wajo

REPLIKNEWS, WAJO - Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Sulsel membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pertanian dengan tujuan manajemen pertanian lebih mandiri dan modern sehingga petani mendapatkan kesejahteraan yang pasti. Pembentukan Kelompok Usaha Bersama dimulai dari Desa Leweng, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatatan, Minggu (24/03/2024)

Salah satu koordinator Gempita Sulsel, Andi Afdhol Risqullah Baso dalam sambutannya memaparkan fungsi dan tujuan dibentuknya KUB tersebut. Menurut Andi Afdhol, KUB ini merupakan wadah untuk para petani memaksimalkan produksi pangan.

Dimana KUB hadir untuk memberikan fasilitas terhadap para petani agar lebih memudahkan dan mengefesiensikan sistem pertanian dalam menjalankan Program Percepatan Tanam. 

"Jadi KUB ini kita bentuk untuk lebih mempermudah para petani, kita ingin para petani lebih menikmati hasil produksinya. Untuk itu, nantinya kita akan memberikan fasilitas berupa Alsintan untuk menunjang sistem pertanian yang ada di Desa Leweng Kec. Takkalalla, segala kebutuhan petani nantinya akan di legitimasi oleh KUB," uangkap Andi Afdhol Risqullah Baso.

Sementara itu, Kepala Desa Leweng, Andi Ratulangi sangat antusias dan menyambut baik pembentukan KUB di desanya. Ia berharap dengan adanya KUB ini bisa lebih memaksimalkan produksi pangan, khususnya di desanya. Untuk itu dengan adanya KUB ini ia siap bersinergi.

"Mewakili masyarakat Desa Leweng, kami sangat menyambut baik program ini. Bagi kami KUB ini merupakan secercah harapan baru untuk para petani di sini, kami siap bersinergi dan mengawal bersama KUB ini demi untuk para petani," tutur Andi Ratulangi

Editor   : Redaksi