Home Daerah Toraja Utara Dapat Hadiah dari Pemprov Sulsel di Hari Jadi ke-16, Berikut Rinciannya!!

Toraja Utara Dapat Hadiah dari Pemprov Sulsel di Hari Jadi ke-16, Berikut Rinciannya!!

Toraja Utara mendapat bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Peringatan Hari Jadi ke-16 tahun Kabupaten Toraja Utara. Bantuan tersebut sebagai hadiah hari jadi Toraja Utara.

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Toraja Utara mendapat bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Peringatan Hari Jadi ke-16 tahun. Bantuan tersebut sebagai hadiah hari jadi Toraja Utara. 

Perayaan hari jadi Toraja Utara ke-16 tahun dipusatkan di Lapangan Bakti Rantepao, Senin (22/07/2024) dengan tema "Memantapkan Keberlanjutan Pembangunan Toraja Utara Yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing".Perayaan ini dihadiri langsung Pj Gubernur Sulsel Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh beserta rombongan, Forkopimda Toraja Utara dan Tana Toraja serta jajaran pemerintah lingkup Toraja Utara serta tamu undangan lainnya.Prof Zudan dalam sambutannya menyampaikan selamat atas hari jadi ke-16 tahun Toraja Utara. Pada kempatan itu juga, Prof Zudan membacakan sejumlah bantuan keuangan sebagai hadiah ulang tahun Toraja Utara. 

"Biasanya kalau hari lahir atau ulang tahun dapat hadiah, maka saya akan sebutkan hadiah tambahan untuk Kabupaten Toraja Utara dari Provinsi Sulawesi Selatan, pertama bantuan keuangan sebesar Rp 630 juta untuk Forkopimcam, kemudian bantuan untuk stunting dan gizi buruk sebesar Rp 225 juta, bantuan untuk sektor kehutanan (Agro Forestry) sebesar Rp 150 juta, pembangunan jalan long segment ruas jalan Rantepao-Sa'dan sebesar Rp 6,5 miliar. Jadi totol bantuan untuk Toraja Utara kurang lebih 8 miliar direalisasikan semua dalam tahun 2024," ucap Prof Zudan.Selain bantuan keuangan, Prof Zudan juga menyerahkan bantuan 2000 bibit pohon, 5000 bibit ikan nila, bufferstock logistik penanngulangan bencana senilai Rp 100 juta dan bufferstock logistik bencana, Csr kendaraan pengangkut sampah. 

Kemudian, optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan kepada 3 KWT masing-masing senilai Rp 90 juta, serta dana hibah kepada 5 Gereja di Toraja Utara. Prof Zudan pada kesempatan itu menyampaikan pesan kepada stakeholder dan ASN di Toraja Utara agar menjalankan tugas dengan baik sesuai tugas dan fungsi masing-masing. 

"Tugas kita di pemerintah itu ada tiga, pertama buat masyarakat kita sehat, urusan kesehatan itu menjadi prioritas. Kedua masyarakatnya cerdas, dan yang ketiga dompet masyarakat harus tebal, untuk menggerakkan ekonomi perlu permodalan dan berbagai sumber agar pendapatannya tinggi," papar Prof Zudan."Saya mengajak setiap ASN di Toraja Utara mari membuat masyarakat bahagia. Kuncinya adalah pelayanan publik yang kita laksanakan harus mampu membuat masyarakat Toraja Utara sepulang dari kantor kita masyarakat penuh dengan senyum dan bahagia misalnya di Dukcapil pelayanan harus cepat," ujarnya. 

Prof Zudan juga menyebut, Pemerintah Provinsi Sulsel akan mendukung penuh seluruh program untuk menjadikan masyarakat Toraja Utara sejahtera dan bahagia.Sementara itu, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyampaikan selamat atas hari jadi Toraja Utara ke-16 tahun. Ombas sapaan akrab Yohanis Bassang juga menyampaikan selamat datang kepada Pj Gubernur Sulsel. 

"Bapak Gubernur dan para rombongan selamat datang di Toraja Utara. Suatu kerinduan dan kebanggaan kami Bapak Penjabat Gubernur Prof Zudan yang telah hadir bersama kami lapisan masyarakat, dalam rangka memperingati hari jadi ke-16 Kabupaten Toraja Utara," ucap Ombas.

Dihadapan Prof Zudan, Ombas juga memperkalkan Toraja sebagai daerah tujuan wisata dengan keindahan alamnya. 

Selain menghadiri peringatan Hari Jadi Toraja Utara, Prof Zudan juga menghadiri pengukuhan Korpri Kabupaten Toraja Utara masa bakti 2023-2028 yang di Ketuai Sekda Toraja Utara Salvius Pasang, kemudian meresmikan Jembatan Kembar di Malangngo', Kecamatan Rantepao serta menghadiri Festival Budaya Toraja di alun-alun Kota Rantepao. 

Penulis       : Hendrawan Tulak
Editor         : Redaksi