Home Daerah TK Nurul Taqwa Gowa Tekankan Pentingnya Kesehatan

TK Nurul Taqwa Gowa Tekankan Pentingnya Kesehatan

REPLIKNEWS, GOWA - Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang ditekankan Tk. Nurul Taqwa bertempat di  kp. Pattunggalengang desa paraikatte kecamatan Bajeng, Hal ini dilakukan agar siswa sudah waspada dan menjaga kesehatan mereka, khususnya terhadap bahayanya penyakit.

"Kami ingin supaya siswa sadar terhadap kesehatan mereka. Tujuannya untuk kesehatan mereka dan lingkungan,” Ketua yayasan pendidikan Usaha Kesejahtran Sosial Nurul Taqwa Muh.Rusdi Nursalam,S.Pd,MM ( jumat 08/10/2021) 

Tambahnya , siswanya sudah sejak lama diajak untuk menjaga kesehatan mereka. Kesehatan merupakan aset paling berharga untuk menuntut ilmu.

"Kalau siswa sehat, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara optimal," tandasnya.

Dijelaskan hal ini menandakan bahwa UKS juga menjadi salah satu program yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Republik Indonesia. Konsep ideal yang diprakarsai oleh pemerintah mengenai adanya UKS merupakan suatu ide yang bisa dibilang sangat baik.

"Secara umum tujuan diadakannya UKS sendiri yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta, derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat," bebernya Ketua yayasan pendidikan Usaha Kesejahtran Sosial Nurul Taqwa Muh.Rusdi Nursalam,S.Pd,MM

Sementara itu Perwakilan dari kementrian Paud Dr. Nurjannah mengungkapkan UKS muncul sebagai wadah tindakan preventif dalam menanggulangi permasalahatan kesehatan siswa di sekolah. Seperti, sakit perut, kepala, luka ringan dan sebagainya.

"Bahkan terkadang ruangan UKS menjadi sasaran empuk tempat siswa/siswi untuk beristirahat. Perlu untuk diketahui berdasarkan Pedoman Pembinaan UKS menjelaskan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah merupakan salah satu program yang langsung berhubungan dengan peserta didik sudah dirilis sejak tahun 1976 dan diperkuat tahun 1984 dengan terbitnya SKB 4 Menteri. Yaitu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang diperbaharui pada tahun 2003," tandasnya

Lanjut ia juga mengatakan dengan adanya sarana UKS disekolah tersebut siswa bisa mengenal pentingnya Kesehatan  

" Terkait hal itu, saya melihat fungsi dari usaha Kesehatan Sekolah sangat strategis, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan anak pada khususnya, sehingga berdampak pada peningkatan derajad kesehatan masyarakat secara umum”, lanjutnya.

Ditempat yang sama kepala seksi paud kab. Gowa st.Nursyamsi Gani,SP, MM mengatakan salah satu upaya membina dan mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di satuan PAUD adalah dengan diadakannya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada satuan PAUD.

"Dengan adanya UKS, kita ikut membantu memantau tumbuh kembang anak. Salah satunya yang tak kalah penting yaitu adanya posyandu karena bisa sangat menekan angka stunting," ucapnya

Lanjut ia juga mengatakan untuk penguatan UKS PAUD dan mewujudkannya nanti akan ada satu PAUD menjadi percontohan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa. (Udin).