Home Daerah Sukses Digelar, Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79 di Lembang To'pao Diapresiasi Camat Rembon

Sukses Digelar, Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79 di Lembang To'pao Diapresiasi Camat Rembon

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Peringatan Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79 di Lembang To'pao, kecamatan Rembon, kabupaten Tana Toraja berlangsung meriah, Senin (26/08/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pada tanggal 17-26 Agustus 2024 dengan diisi berbagai lomba diantaranya: Devile dasawisma, pasar segar murah, Jajanan kuliner, pameran fashion and food, tournament sepak takraw, tournament domino, lomba solo, lomba baca puisi, lomba balap karton, lomba balap balon, lomba balap Karung, lomba lari kelereng, lomba tancap paku.

Kegiatan Gebyar Kemerdekaan tersebut diikuti 18 Kontingen Dasawisma; Dasawisma Pettiroan, Kampung Baru, Ratte 4, Sapan Deata, Ratte 1, Ratte 2, Ratte 3, Pepan, Rano, Pangleon, Paratta', Tondok Diala, Paken, Jalan Poros Kiki, Busso, To'Semba, To'Kaluku, Lorong Kiki. 

4 Dusun; Dusun Bia, Dusun Pangleon, Dusun Kiki, Dusun Rante. Dan 9 Rukun Tetangga (RT); RT To'semba, RT Kiki, RT to'Sendana, RT Pettiroan, RT Londo', RT Pepan, RT Tondok Diala, RT To'kaluku, RT Paratta.

Kepala Desa To'pao, Imanuel Sambira mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79.

"Patut kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan, hampir 98% warga desa terlibat dan antusiasme dalam mensukseskan acara Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa berlangsung setiap tahun dengan lebih meriah dan lebih banyak partisipasi," kata Imanuel kepada REPLIKNEWS usai kegiatan.

"Gebyar kemerdekaan tahun ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan warga Desa To'pao Semoga semangat kemerdekaan terus berkobar di hati setiap warga," sambungnya

Sementara itu, Ibu camat Rembon Senyta P Tandirerung berpesan agar masyarakat Desa/Lembang To'pao selalu menjaga kekompakan dan kerukunan.

"Tetap semangat, jaga kekompakan/kerjasama, jaga kerukunan/kebersamaan sehingga Desa To'pao menjadi maju dan selalu mengedepankan hal-hal yang baik serta selalu mendukung program pemerintah yang ada," kata Senyta.

"Saya berharap kedepannya dalam event seperti ini ada juga event bahasa ibu (bahasa Toraja) yang dituangkan. Siapa lagi yang akan menggaungkan bahasa kita kalau bukan kita sendiri," pungkasnya.

Acara puncak Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-79 tersebut ditutup dengan pembagian hadiah dan sertifikat penghargaan setelah itu dero bersama.


Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi