Home Daerah Sasar GenZ, Dispusip Tana Toraja Gelar Sosialisasi Gemar Membaca

Sasar GenZ, Dispusip Tana Toraja Gelar Sosialisasi Gemar Membaca

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Tana Toraja gelar sosialisasi kegemaran membaca dengan menyasar generasi muda. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan gerakan literasi dan budaya membaca di Tana Toraja. 

Kegiatan ini dibuka langsung Sekretaris Dispusip Tana Toraja Ruth Belopandung dengan tema "Peran Perpustakaan Dalam Mendorong Gerakan Literasi Gen Z" dilaksanakan di aula kantor Perpustakaan Tana Toraja, Makale, Jumat (28/06/2024). Hadir sebagai peserta duta genre, duta pelajar, duta anak, penggerak literasi, pustakawan sekolah dan lembang (desa) serta berbagai organisasi penggerak literasi lainnya.

Pustakawan Dispusip Tana Toraja Zulhikmad, S.I.P mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang fungsi perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat. 

"Perpustakaan bisa berdaya guna bagi semua kalangan masyarakat khususnya generasi GenZ. Karena dengan perpustakaan yang kita miliki dengan fasilitas yang memadai tentunya diharapkan agar para masyarakat sering datang berkunjung ke perpustakaan guna meningkatkan budaya baca dan menulis di kalangan masyarakat itu sendiri," terang Zulhikmad. Kedepan, Zulhikmad berharap perpustakaan menjadi tempat berkegiatan baik membaca, menulis, dan semua kegiatan yang positif. Sehingga kedepaan perpustakaan menjadi role model bagi instansi-instansi yang ada di Tana Toraja.

Sementara, salah satu pemateri dalam kegiatan ini, yakni Duta Baca Sulawesi Selatan Ramlah. Dalam paparannya Ramlah menjelaskan pentingnya literasi serta manfaat literasi bagi kalangan gen Z. 

"Literasi bukan hanya soal membaca, tapi mencakup semua aspek yakni Literasi inklusi sosial, bagaimana kita mengimplementasikan apa yang sudah dibaca," kata Ramlah. 

Ia menekankan, dalam meningkatkan literasi ditengah masyarakat diperlukan kemauan dan konsistensi, serta kolaborasi dengan semua pihak. 

"Kita memang harus berkolaborasi bagaimana menggerakkan literasi khususnya di Tana Toraja," ujar Ramlah. 

Penulis   : Dirga Y. Tandi
Editor     : Redaksi