Home Daerah Saksikan Grand Final Lomba Pidato Dalam Bahasa Toraja Secara Virtual yang Diselenggarakan oleh FDBT

Saksikan Grand Final Lomba Pidato Dalam Bahasa Toraja Secara Virtual yang Diselenggarakan oleh FDBT

Untuk grand final rencana dilakukan pada tanggal 29 Agustus 2021, mulai dari kategori SD, SMP, SMA, Mahasiswa yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom, pukul 17.00 Wita, ID : 463 338 4595 , Pass : LombaFDBT.

Repliknews.com, Makassar - Perkumpulan Forum Diskusi Budaya Toraja atau FDBT mempersembahkan lomba pidato secara virtual, sebagai bentuk kecintaan pada budaya Toraja dan ini diselenggarakan dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun, serta ulang tahun Kabupaten Tana Toraja tahun 2021.

Adapun tema yang diberikan kepada para peserta adalah; 1. Pongtiku Pahlawanku, 2. Almarhum Brigjen. TNI. Purn. Frans Karangan Idolaku, 3. Lawan Covid 19 Indonesia Maju. 

Lomba ini diikuti empat kategori yakni ; 1. SD, 2. SMP, 3. SMA, 4. Mahasiswa. 

Kemudian yang menjadi dewan juri adalah: 1. Pdt. Darma Padadi, S.Th, 2. DR. Naomi Patiung, M.Hum, 3. Drs. Daniel Paberu Kabanga, M.Pd, 4. Yulius Roma Patandean, S.Pd, M. Pd. 

"Adapun hadiah yang dipersiapkan oleh panitia yang berasal dari para pemerhati atau donatur buat para peserta sebagai bentuk apresiasi agar senantiasa mencintai budaya Toraja" ungkap Noldus Pandin sebagai pengarah acara kepada Media melalui whatsapp tanggal 28 Agustus 2021. 

Salah satu Ibu dari peserta lomba menyampaikan bahwa "Kiranya acara seperti ini bisa digaungkan terus agar generasi Toraja semakin mencintai bahasa Toraja sebagai aset budaya tak benda dan menjadi kekayaan Budaya Nasional", terang  Dina Pasau sebagai orang tua dari peserta kategori Mahasiswa yakni Harianto Bintang Pasau.  

Kegiatan lomba telah melakukan babak penyisihan pada tanggal 20 Agustus 2021 untuk kategori SD,SMP, dan Mahasiswa kemudian untuk kategori SMA/SMK dilakukan pada tanggal 22 Aguatus 2021 lalu. 

Untuk grand final rencana dilakukan pada tanggal 29 Agustus 2021, mulai dari kategori SD, SMP, SMA, Mahasiswa yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom, pukul 17.00 Wita, ID : 463 338 4595 , Pass : LombaFDBT. 

Grand Final ini akan dibuka oleh Prof. DR. JL. Parapak.M.Eng selaku Tokoh Masyarakat Toraja  dalam skala nasional dan juga Rektor Universitas Pelita Harapan di Jakarta.

Lomba pidato ini didukung oleh Media repliknews.com dan Kabarin.News, serta Yayasan To Misa Tindo.

Penulis : Dirga Yandri Tandi