Home Daerah Pesona PTKKN 2024 Digelar di IAKN Toraja, 'Merajut Persaudaraan Anak Bangsa Melalui Kreativitas dan Sportivitas'

Pesona PTKKN 2024 Digelar di IAKN Toraja, 'Merajut Persaudaraan Anak Bangsa Melalui Kreativitas dan Sportivitas'

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) 2024 Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) yang kedua dilaksanakan di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja. Kegiatan ini mengangkat tema "Merajut Persaudaraan Anak Bangsa Melalui Kreativitas dan Sportivitas".

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam kalender Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Kristen Republik Indonesia dibawah Kemenag dan kegiatan ini yang kedua kalinya dilaksanakan, yang pertama di IAKN Tarutung namun beberapa tahun ini tidak lagi terlaksana karena dalam masa Pandemi covid maka kegiatan tersebut tertunda dan baru kembali dilaksanakan tahun ini," kata Sekretaris Panitia Dr. Yosef Patandung kepada REPLIKNEWS di Aula IAKN Toraja, Sabtu (13/07/2024). 

Kegiatan ini akan berlangsung hingga 17 Juli 2024 mendatang, diikuti PTKKN dari berbagai penjuru Indonesia, seperti IAKN Tarutung, IAKN Kupang, IAKN Palangkaraya, IAKN Ambon, IAKN Manado, dan IAKN Toraja dan lainnya. 

Adapun yang diperlombakan, seperti pidato bahasa Inggris, solo dan vocal group, futsal, badminton, tennis meja, catur, sepak takrow, mobile legend dan lainnya. 

Yosef Patandung mengungkap, kegiatan Pesona menjadi wadah bagi setiap mahasiswa Kristen Keagamaan dalam mempertajam, mengimplementasikan setiap bakat dan talenta yang mereka miliki. 

"Kegiatan pekan seni dan olahraga ini sangat positif, karena didalam seni anak-anak dapat mengembangkan kreativitas apalagi basiknya keagamaan tentu diharapkan mahasiswa bukan hanya penuh dengan pengetahuan tetapi juga penuh dengan skill sehingga menjadi bekal saat ini dan seterusnya," katanya. 

"Dibidang olahraga, tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang masuk dalam perguruan tinggi Kristen Keagamaan itu mempunyai bakat olahraga namun hal tersebut terkadang terpendam karena tidak adanya wadah untuk mengembangkan bakat tersebut", sambungnya. 

Yosef Patandung juga mengatakan bahwa kegiatan Pesona ini merupakan kegiatan yang bernilai positif tinggi bagi mahasiswa dan dosen. 

"Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat membangun relasi yang baik, mendapatkan wadah untuk mengimplementasikan setiap bakat dan talenta mereka miliki serta meningkatkan kreativitas dan sportivitas dalam melakukan sesuatu," bebernya. 

Sementara, Rektor IAKN Toraja Dr. Joni Tapingku berharap dengan adanya kegiatan Pesona ini dapat mengajarkan pentingnya kreativitas dalam hidup dan sportivitas dalam suatu kegiatan untuk menciptakan sebuah keharmonisan. 

"Berbicara soal kreativitas saya berharap pesona tahun berikutnya ada lomba membaca Alkitab bahasa Ibrani dan Yunani, kemudian tentang sportivitas mari kita betul-betul sportivitas yang baik. Bukan soal kalah menang tetapi harmonis yang mau kita tunjukkan," ungkap Joni Tapingku.

Penulis       : Hendrawan Tulak
Editor         : Redaksi