Home Daerah Pemkab Tator dan Morut Resmi Teken MoU tentang Penempatan Tenaga Kerja

Pemkab Tator dan Morut Resmi Teken MoU tentang Penempatan Tenaga Kerja

Sumber foto: Posonews (Diskominfo Morowali Utara)

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator), Provinsi Sulawesi Selatan, resmi menjalin kerjasama tentang Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja. 

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut pembicaraan Wakil Bupati Tator dr Zadrak Tombeg dengan Bupati Morut Dr dr Delis Julkarson Hehi beberapa bulan lalu dalam kunjungan kerjanya ke Morut.  

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani langsung Sekretaris Daerah Tator dr Rudhy Andi Lolo dengan Wakil Bupati Morut, H Djira di ruang kerja Bupati Morut, Kolonodale, 17 Mei 2024. 

Penandatangan MoU ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Tator Evivana Rombe Datu, Ketua Komisi II DPRD Tator Yuli Saranga', Kepala Disnaker Tator Tupa' Batara Randa serta Anggota DPRD Tator Bertaha Pidun dan Leonardus Tallupadang. 

dr Rudhy Andi Lolo saat dikonfirmasi REPLIKNEWS Minggu (2/5/2024) menyampaikan, kerjasa ini meliputi berbagai aspek untuk mempermuda masyarakat Tator untuk memperoleh informasi kebutuhan tenaga kerja industri pertambangan yang ada di Morut. 

"Kerjasama ini mencakup pelayanan informasi pencari kerja, informasi lowongan kerja, pelatihan serta perlindungan tenaga kerja," terang dr Rudhy.  

Sekda Tator itu juga menyampaikan, selain akses informasi tentang kebutuhan tenaga kerja di Morut, MoU ini juga dapat mempermuda informasi dan perlindungan warga Tator yang suda bekerja di Morut.

"Kita berharap MoU ini bermanfaat bagi kedua daerah ini terkhusus masyarakat kita, baik yang sementara mencari pekerjaan maupun yang sudah bekerja di Morut," ujarnya. 

dr Rudhy menyampaikan terima kasih kepada Pemda Morut atas kesediaanya menjalin kerjasama ini. 

Kunker ke Morut, Wabup dr Zadrak dan Bupati Dr Delis Bicarakan MoU Tena Kerja. 

Rencana MoU ini sebelumnya disampaikan langsung Bupati Morut Dr dr Delis Julkarson Hehi, dari hasil pembicaraanya dengan Wakil Bupati Tator dr Zadrak Tombeg dalam kunjungan kerjanya ke Morut menghadiri pengukuhan pengurus Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) di Morut. 

"Hasil pembicaraan kami dengan Bapak Wakil Bupati Tana Toraja (dr Zadrak Tombeg), kami berkomitmen untuk membangun kesepakatan bersama dengan membuat MoU dalam rangka memberikan kesempatan kerja bagi putra putri Tator untuk memiliki kesempatan kerja di Morowali Utara," kata Dr dr Delis kepada REPLIKNEWS usai pengukuhan pengurus KKT Morut, Jumat (22/3/2024) lalu. 

Dr dr Delis mengungkap, kebutuhan tenaga kerja di Morut semakin hari semakin meningkat, sementara suplai yang di berikan masyarakat lokal terbatas dengan kebutuhan yang ada. 

"Mangsa pasar ini juga terbuka untuk putra putri dari luar Morowali Utara termasuk Kabupaten Tana Toraja," ujarnya. 

"Kerjasama ini secepatnya kita akan laksanakan, tinggal mencocokkan waktu," pungkas Dr dr Delis. 

Sementara, dr Zadrak menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Morut atas kesempatan emas yang di berikan kepada warga Tator untuk mendapat pekerjaan.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kita warga Tator untuk memperoleh pekerjaan. Kita bisa menggunakan kesempatan ini dan mempersiapkan diri sebaik baiknya untuk menjadi tenaga kerja yang handal," ucap dr Zadrak. 

Diketahui, Morut merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), daerah ini merupakan salah satu pusat industri pertambangan nikel di Indonesia. Salah satu peruhaan besar yang ada disana yakni PT Gunbestur Nickel Industry (GNI). 

Selain dikenal sebagai daerah perusahaan tambang, Morut juga dikenal dengan perkebunan sawitnya. 

Penulis      : Dirga Y. Tandi
Editor        : Redaksi