Home Daerah Pemkab Tana Toraja Siapkan Tempat Tunggu Kelahiran di Kota Makale

Pemkab Tana Toraja Siapkan Tempat Tunggu Kelahiran di Kota Makale

Hal ini disampaikan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung melalui surat yang keluarkan pada tanggal 20 Mei 2024 lalu, perihal penyampaian TTK.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menyiapkan fasilitas  Tempat Tunggu Kelahiran (TTK) bagi ibu hamil yang akan melahirkan di Rumah Sakit yang ada di Kota Makale.

Hal ini disampaikan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung melalui surat yang keluarkan pada tanggal 20 Mei 2024 lalu, perihal penyampaian TTK. 

Surat tersebut ditujukan kepada para camat, kepala lembang/lurah dan kepala puskesmas yang ada di Tana Toraja untuk disampaikan kepada masyarakat. 

Berikut isi surat tersebut: 
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan Tahun Anggaran 2024 dimana salah satu kegiatannya yaitu meningkatkan Cakupan Persalinan Ibu di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dengan Penyediaan Tempat Tunggu Kelahiran. Sehubungan dengan hal tersebut maka disampaikan kepada saudara sebagai berikut: 

1. Para Camat, Lurah/Lembang, dan Kepala Puskesmas agar menyampaikan ke semua sasaran ibu hamil yang akan bersalin di Rumah Sakit bahwa telah tersedia 2 (Dua) Tempat Tunggu Kelahiran di Tingkat Kabupaten Tana Toraja. 

2. Tempat Tunggu Kelahiran tersebut berada di Samping RSUD Lakipadada Kelurahan Tambunan, Kecamatan Makale Utara untuk sasaran yang akan bersalin di RSUD Lakipadada, dan di Wisma Meri Kelurahan Pantan untuk sasaran yang akan bersalin di RS Sinar Kasih Toraja dan RS Fatima Makale. 

3. Biaya Tempat Tunggu Kelahiran dan Konsumsi Ibu Hamil dan Pendamping Satu Orang (Keluarga) disiapkan 3 (Tiga) Hari Sebelum dan 3 (Tiga) hari sesudah Melahirkan. 

Terpisah, Sekretaris Daerah Tana Toraja, dr Rudhy Andilolo saat dikonfirmasi REPLIKNEWS menyampaikan, TTK disiapkan pemerintah dalam mempermuda warga. Biayanya pun ditanggung pemerintah. 

"Tujuannya untuk mempermuda warga kita dari pelosok yang dirujuk melahirkan dan tidak punya rumah di Makale selama menginap dan di biayai suami istri," terang dr Rudhy, Jumat (31/5/2024). 

Selain di Kota Makale, dr Rudhy menyebut TTK serupa juga disiapkan pemerintah di beberapa puskesmas. 

"Hal serupa juga ada pada beberapa puskesmas dalam mempermuda warga yang rumahnya jauh untuk menunggu waktu melahirkan di puskesmas", pungkasnya. 

Penulis    : Dirga Y. Tandi
Editor      : Redaksi