Home Daerah Masyarakat bersama YESMa di Lembang Lea Tator Hiasi Jalan dengan Tanaman Hanjuang (Tabang)

Masyarakat bersama YESMa di Lembang Lea Tator Hiasi Jalan dengan Tanaman Hanjuang (Tabang)

Pemerintah dan Masyarakat Lembang (Desa) Lea, Kecamatan Makale gelar jumat bersih dan menanam hanjaung sebagai penghias jalan, Jumat (2/6/2023).

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pemerintah dan Masyarakat Lembang (Desa) Lea, Kecamatan Makale gelar jumat bersih dan menanam hanjaung sebagai penghias jalan, Jumat (2/6/2023). Hanjuang sendiri dalam bahasa Toraja disebut tabang. 

Kegiatan ini melibatkan organisasi YESMa kelompok konstituen Misa' Kada Lembang Lea. 

Jumat bersih dan penanaman hanjuang ini dipimpin langsung kepala Lembang Lea, Ir Mesak Rante diikuti, Officer YESMa Lenynda Tondok, masayarakat serta kader YESMa Misa' Kada Lea.

Tampak puluhan masyarakat mulai dari remaja, orang tua hingga lansia turun langsung membersihkan dan menanam hanjuang di pinggir jalan poros lea. Kepala Lembang Lea, Mesak Rante mengatakan penanaman hanjuang ini diakukan untuk memperindah jalan poros lea. 

Sebab, Lembang Lea merupakan daerah tujuan wisata dan salah satu desa wisata di Tana Toraja. 

"Kebersihan dan keindahan harus kita jaga, karena lembang lea juga kami masukkan sebagai lembang terbersih di Tana Toraja", kata Mesak kepada REPLIKNEWS saat ditemui disele-selah kegiatan. 

Kata Mesak, tabang merupakan tanaman anti petir, untuk itu dipilih ditanam menghiasi jalan jalan poros lea. 

"Tamanan ini memiliki corak yang indah dan cocok dengan lokasi yang ada. Tabang akan menghiasi jalan poros lea dan semua jalan di wilayah lembang lea", ujarnya. 

Mesak juga mengapresiasi organisasi YESMa konstituen misa kada lea yang turut berpartisipasi bersama masyarakat mewujudkan lembang lea bersih dan indah. 

"Yesma konstiuen mesa kada telah melibatkan diri untuk peduli terhadap lingkungan. Inklusi sangat berperan penting dalam menggerakkan masyarakat dan membantu Pemerintah Lembang Lea", ujarnya. Sementara, Agustina Ta'bi Patulak, Ketua Konstituen Misa Kada Lea mengatakan, Yesma Konstiuen Misa Kada Lea hadir membantu kaum perempuan melaui program inklusi. 

"Kita hadir membantu masyarakat yang selama ini termajinalkan agar lebih produktif, seperti kepala keluarga perempuan, disabilitas dan lansia", ujarnya. 

Selain itu, kata dia, YESMa juga memberikan pendampingan advokasi kepada perempuan korban kekerasan secara seksual maupun fisik.

Usai menanam di jalan poros lembang lea, penanaman hanjuang dilanjutkan di jalan poros turunan. 

Penulis     : Iga
Editor       : Redaksi